Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tim Indonesia Matematika SMP Berkibar di Olimpiade Internasional

Tim Indonesia matematika SMP sabet lima medali emas, enam medali perak dan sembilan medali perunggu di kompetisi International Teenagers Mathematics Olympiad (ITMO) 2015 pada 10-14 Desember 2015 di Sungai Petani, Kedah Malaysia.
Yulianisa Sulistyoningrum
Yulianisa Sulistyoningrum - Bisnis.com 15 Desember 2015  |  14:23 WIB
Tim Indonesia Matematika SMP Berkibar di Olimpiade Internasional
dailymailcouk - yus
Bagikan

Kabar24.com, JAKARTA -- Tim Indonesia matematika SMP sabet lima medali emas, enam medali perak dan sembilan medali perunggu di kompetisi International Teenagers Mathematics Olympiad (ITMO) 2015 pada 10-14 Desember 2015 di Sungai Petani, Kedah – Malaysia.

"Kompetisi yang dilakukan 2 tahunan ini menjadi cetak prestasi yang luar biasa bagi siswa SMP di kancah Internasional," ungkap Direktur Pembinaan SMP Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Supriano dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis.com, Jakarta, Selasa (15/12/2015).

Kompetisi Internasional ini diikuti oleh 160 peserta yg terbagi menjadi 40 tim dari 11 negara sebagai berikut Bulgaria, Indonesia, Khazakstan, Malaysia, Nepal, Phillipina, Rusia, Srilanka, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Para peserta mendapatkan 2 tes yang meliputi individual test and team contest.

Semua peserta harus berpartisipasi dalam kedua tes tersebut. Individual test terdiri atas 12 pertanyaan dengan jawaban singkat dan 3 pertanyaan dengan jawaban terurai dengan solusi.

Untuk team contest berjumlah 10 pertanyaan. Team contest ini dikerjakan oleh 4 siswa per tim. Delapan pertanyaan dikerjakan per siswa tanpa saling diskusi selama 35 menit. Dua pertanyaan diperbolehkan dikerjakan bersama selama 15 menit.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama mengirim 4 tim yang meliputi 3 leaders, 4 deputy leaders dan 15 siswa yang berasal dari peraih medali emas, perak dan perunggu Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Nasional tahun 2015 di Palu, Sulawesi Tengah.

"Mereka dibina dan diberikan pembekalan oleh Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Bogor, Jawa Barat selama 6 minggu," tuturnya.

Para peserta juga mendapat pendidikan secara intensif antara lain: materi matematika, pendidikan spiritual, pendidikan jasmani dan rohani, pendidikan karakter yang menekankan pada kekeluargaan, dan rekreasi.

Pencapaian prestasi tim Indonesia membawa pulang lima emas, enam perak, sembilan perunggu dan tiga Merit.

Tahun 2015 ini perjuangan tim Indonesia SMP di bidang matematika membuktikan prestasi gemilang di Malaysia. Lima belas siswa sebagai tim Indonesia dapat menoreh prestasi internasional dengan membawa lima emas bagi Indonesia. Salam Prestasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smp
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top