Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARI PAHLAWAN: Pemkot Pekanbaru Serahkan Bantuan Rumah ke Janda Veteran

Dalam rangka perayaan Hari Pahlawan 10 November 2015, Pemerintah Kota Pekanbaru memberikan Rumah Layak Huni (RLH) bagi janda veteran
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Kabar24.com, PEKANBARU– Dalam rangka perayaan Hari Pahlawan 10 November 2015, Pemerintah Kota Pekanbaru memberikan Rumah Layak Huni (RLH) bagi janda veteran.

"Kami sengaja memberikan ini sebagai kado dihari pahlawan," ungkap Camat Senapelan, Pekanbaru, Lili Suryani dalam keterangan persnya, Rabu (11/11/2015).

Lili menerangkan, program RLH yang dicanangkan Kota Pekanbaru sudah berjalan sejak empat tahun lalu. Tiap tahun semua Kecamatan mendapatkan RLH bagi keluarga miskin, termasuk janda veteran. Jumlahnya mencapai 250 unit/tahun.
"Syarat penerimanya selain miskin, janda, juga harus memiliki lahan sendiri serta sudah termasuk dalam data penerima bantuan kemiskinan dari pusat," ujarnya.

Terangnya, Rahmi adalah janda yang tidak lagi memiliki anak dan suami. Hidupnya juga hanya mengandalkan bantuan orang. Makanya sebut Lili pihaknya memutuskan membangun ulang rumah Rahma dengan dana yang dianggarkan dari APBD 2015. "Kemaren secara gotong-royong rumah lama sudah dibongkar untuk segera dibangun rumah panggung baru," beber Lili.

Lili merinci anggaran pembangunan rumah bertype 45 ini menghabiskan dana Rp60 juta, dengan fasilitas kamar, ruang tamu dan listrik. "Targetnya Desember rumah siap dihuni," tambahnya.

Selain itu, sebut Lili tahun ini masih ada sembilan RLH lagi yang juga dibangun pada Kecamatan Senapelan. "Jadi kami dikecamatan Senapelan mendapat RLH 10 unit tahun ini. Jumlah ini dianggarkan tiap tahun sejak empat tahun lalu," pungkasnya.

Sementara itu Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, mengatakan program RLH sudah berjalan empat tahun dengan target dalam lima tahun akan terbangun 1.500 unit. "Saat ini sudah memasuki empat tahun artinya sudah ada 1.000 unit yang dibangun," pungkas Wako.

Ditempat berbeda, sorot mata bahagia tergambar diwajah janda veteran bernama Rahma (74) th yang tinggal dirumah panggung rewot jalan Sidomulyo, no 10 RT01, RW10, Pekanbaru, Provinsi Riau ini, setelah dinyatakan sebagai salah satu penerima bantuan Rumah Layak Huni (RLH) dari Pemko setempat. "Terimakasih buk, pak," ujar janda veteran Pekanbaru, Rahma, dari atas ranjangnya sembari terbata-bata.

Rahmi adalah salah satu janda veteran dari sekian banyak di Pekanbaru yang mendapatkan program bantuan kemiskinan dari pemerintah kota pada tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper