Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Halloween, Hari Ini Asteroid Jumbo Dekati Bumi

Para astronom mengatakan saat perayaan Halloween pada Sabtu (31/10/2015), terdapat asteroid besar yang bergerak melewati bumi.
Asteroid/huffingtonpost
Asteroid/huffingtonpost

Kabar24.com, JAKARTA-- Para astronom mengatakan saat perayaan Halloween pada Sabtu (31/10/2015), terdapat asteroid besar yang bergerak melewati bumi.

SIMAK: Menteri Susi, Hebat Bisa Ikuti Orang Gila Kayak Saya

Menurut NASA, asteroid berukuran 400 meter persegi yang disebut "Spooky" bergerak dengan kecepatan sekitar 126 ribu kilometer per jam.

SIMAK: BENCANA ASAP: Gerimis Sambut Jokowi di Pulau Pisang

Pada Sabtu tersebut, asteroid berada di titik terdekat dengan Bumi. Asteroid--dikenal sebagai 2015 TB145, tapi dijuluki "Spooky" oleh beberapa astronom--pertama kali terlihat pada 10 Oktober 2015 oleh Panoramic Survey Telescope & Rapid Response System, yang terletak di Gunung Haleakala, Hawaii.

SIMAK: Facebook Luncurkan Fitur Slideshow untuk Pelaku Bisnis

Laman The Weather Network menyatakan, Kamis (29/10/2015), di titik terdekatnya, asteroid 2015 TB145 berjarak 487 ribu kilometer dari Bumi, tapi edikit lebih jauh dari orbit Bulan.

Meski dekat dengan Bumi, NASA dan ESA mengklasifikasikan 2015 TB145 sebagai objek dekat Bumi yang tak berbahaya.

Bahkan, jika asteroid tersebut lebih dekat ke Bumi, justru akan menguntungkan para ilmuwan untuk meneliti lebih jauh terkait dengan asteroid tersebut.

NASA akan mengambil gambar lebih jelas dari asteroid tersebut sehingga lebih mendapatkan rincian yang tepat mengenai ukuran dan bentuknya.

"Jarak lintasnya yang cukup dekat dengan Bumi menyajikan kesempatan ilmiah yang luar biasa untuk mempelajari sifat-sifat fisik benda ini," ujar NASA dalam catatan perencanaan mereka.

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper