Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BENCANA ASAP: Wakil Ketua DPR Puji Jokowi

Wakil Ketua DPR, Agus Hermanto, memuji keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkantor di Ogan Komeling Ilir, Sumatra Selatan, yang menjadi salah satu wilayah terkena asap akibat pembakaran hutan.
Wakil Ketua DPR Agus Hermanto/Antara
Wakil Ketua DPR Agus Hermanto/Antara

Kabar24.com, JAKARTA-- Wakil Ketua DPR, Agus Hermanto, memuji keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkantor di Ogan Komeling Ilir, Sumatra Selatan, yang menjadi salah satu wilayah terkena asap akibat pembakaran hutan.

"Jika betul berkantor di tempat terdampak asap itu bagus sekali, karena memang di tempat tersebut, termasuk juga di Kalimantan, Papua dan lain sebagainya, kehadiran Presiden sangat diperlukan," kata Agus di Jakarta, Kamis (29/10/2015).

Politikus Partai Demokrat itu mengatakan, dengan berkantor di wilayah terdampak asap, Presiden bisa secara langsung memberi arahan dan kebijakan-kebijakan khusus.

"Karena kepala negara dan pemerintahan harus betul-betul mengendalikan seluruh permasalahan apalagi dalam posisi seperti ini," terang Agus.

Sebelumnya, Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana dalam situs resmi Sekretariat Kabinet, setkab.go.id, menyebut, Presiden Jokowi berkantor di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan, selama beberapa hari ke depan.

Tujuannya adalah untuk mengerjakan tugas-tugas kenegaraan, juga untuk memastikan pemadaman kebakaran hutan dan lahan serta penanganan warga yang terdampak kabut asap semakin efektif, terutama pelayanan tanggap darurat pada bidang kesehatan, pendidikan dan bantuan sosial berjalan dengan baik.

Presiden juga ingin mengetahui langkah-langkah preventif dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan, serta penegakan hukum terhadap pembakar lahan dan hutan.

DPR sendiri berencana membentuk Panitia Khusus bencana asap yang menurut Agus Hermanto sudah disetujui delapan fraksi, meliputi PDI Perjuangan, Gerindra, PAN, PKS, Demokrat, PPP, Golkar dan PKB.

"Kemarin surat rancangan pansus sudah diserahkan kepada saya, mayoritas teman-teman khususnya Komisi IV dan lintas fraksi lebih banyak yang mendukung pansus," urai Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper