Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mitigasi Bencana Asap di Sekolah Mendesak Dilaksanakan

Kabut asap terjadi di wilayah Sumatera dan Kalimantan setiap tahunnya. Namun, hingga saat ini belum ada mitigasi bencana darurat asap, khususnya di sekolah.Perlunya mitigasi penganganan bencana di sekolah dikarenakan anak usia sekolah merupakan kelompok paling rentan dan merupakan prioritas utama dalam penanganan bencana.
Kabut asap. /Antara
Kabut asap. /Antara

Kabar24.com, JAKARTA – Kabut asap terjadi di wilayah Sumatera dan Kalimantan setiap tahunnya. Namun, hingga saat ini belum ada mitigasi bencana darurat asap, khususnya di sekolah.

Perlunya mitigasi penganganan bencana di sekolah dikarenakan anak usia sekolah merupakan kelompok paling rentan dan merupakan prioritas utama dalam penanganan bencana.

"Yang ada saat ini baru mitigasi bencana gempa dan erupsi gunung, seperti yang ada di beberapa sekolah di Yogyakarta," terang Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hamid Muhammad, di kantor Kemendikbud, Kamis (15/10/2015).

Terkait hal tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyusun mitigasi bencana asap untuk sekolah lantaran terjadi secara terus-menerus.

"Meskipun bencana ini berpengaruh terhadap generasi muda, namun Kemdikbud sendiri tidak bisa mengintervensi karena penyelesaian kebakaran hutan di luar domain Kemdikbud," ucapnya.

Hingga saat ini, ujar Hamid, Kemdikbud mengaku tidak mengalami kerugian secara materi akibat kabut asap. Sementara penyediaan air purifier (penjernih udara) disekolah dinilai kurang efektif lantaran konstruksi bangunan sekolah mempunyai ventilasi.

"Presiden akan melakukan berbagai langkah untuk mengatasi asap dan berharap ini menjadi bencana asap terakhir. Saat ini mencegah lebih baik, harus ada monitoring dari pemerintah, masyarakat, dan media," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper