Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sosialisasi Pilkada di Jawa Barat Belum Maksimal

KPU Jabar mengakui sosialisasi pilkada di 8 kabupaten dan kota di wilayahnya belum maksimal
Miftahul Khoer
Miftahul Khoer - Bisnis.com 30 September 2015  |  22:56 WIB
Bisnis.com, DEPOK- Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat mengakui sosialisasi pemilihan kepala daerah di delapan kabupaten dan kota di wilayahnya belum maksimal.
 
"Masing-masing pasangan calon memang belum bergerak semuanya. Jadi mungkin saja para calon menyimpan energinya untuk waktu yang cocok buat mengenalkan diri," ujar Sekretaris KPU Jabar, Heri Suherman di Depok, Rabu (30/9).
 
Di Jawa Barat terdapat delapan daerah yang mengikuti pilkada serentak antara lain Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung, Kabupaten Karawang, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Indramayu dan Kota Depok.
 
Adapun, kata dia, pasangan calon yang berkampanye secara diam-diam sedang menjadi tren di Jawa Barat. Namun, mendekati hari H pencoblosan, pola kampanye pasangan calon diprediksi bakal berubah.
 
"Mereka ini masih menyimpan tenaga untuk kapan waktunya kampanye yang tepat. Kalau dari sekarang-sekarang sudah kampanye mereka nanti kehabisan energi," ujarnya.
 
Dia mengakui tingkat partisipasi pemilih di Depok sangat rendah seiring pada Pilkada Depok 2010 angka golput mencapai sekitar 45%. Hal itu disebabkan warga Depok tidak memiliki keinginan memajukan Depok sendiri.
 
"Warga juga banyak yang menjadikan Depok hanya tempat tinggal belaka, sementara kesehariannya mereka hidup di Jakarta," ujarnyam
 
Oleh karena itu, pihaknya mengimbau agar seluruh elemen bisa meningkatkan rasa pedulinya pada Pilkada Depok 2015. Sebabnya, KPU bukan satu-satunya lembaga yang harus bertanggung jawab atas rendahnya angak partisipasi Pilkada Depok.
 
"KPU ini kan lembaga penyelenggara Pilkada. Jadi diharapkan warga dan pemerintahnya sama-sama membangun Depok," katanya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pilkada
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top