Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

27 Wanita Jadi Korban Perdagangan Orang Dipulang ke Tanah Air

Sebanyak 27 orang korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO) yang semula akan dikirim ke Timur Tengah, dipulangkan hari ini ke Indonesia.
Ilustrasi/cops.usdoj.gov
Ilustrasi/cops.usdoj.gov
 

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 27 orang korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO) yang semula akan dikirim ke Timur Tengah, dipulangkan hari ini ke Indonesia.

"Hari ini dipulangkan dari Malaysia ke Indonesia. Siang ini tiba di Indonesia," kata Kanit Human Trafficking Subdit III Bareskrim Polri AKBP Arie Darmanto saat dihubungi wartawan, di Jakarta, Rabu (30/9/2015).

Para korban tersebut sebelumnya ditampung di KBRI Kulalalumpur, Malaysia setelah diselamatkan oleh Polis Diraja Malaysia (PDRM).

Para korban tersebut, kata Arie, setibanya di Indonesia, akan dibawa ke Rumah Perlindungan dan Trauma Center (RPTC) di Jakarta, guna pemulihan trauma yang mereka alami.

Dalam kasus ini polisi sudah menetapkan tiga tersangka yakni CC, A dan I.

Para tersangka tersebut mengirim para korbannya ke Timur Tengah melalui Malaysia.

Kasus ini terungkap setelah Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri berhasil menangkap pelaku tindak pidana perdagangan orang berinisial CC, A dan I di Bekasi, Jawa Barat pada Minggu (27/9).

"Pelaku ditangkap tepatnya di Perum Radian, Jalan Tarumanegara Atas RT 13 RW 02 Nomor 40C Kelurahan Jati Rangon, Kecamatan Jati Sampurna, Bekasi," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divhumas Polri Kombes Suharsono.

Penangkapan tersebut menindaklanjuti adanya laporan tindak pidana perdagangan orang dengan korban berinisial G yang dikirim ke Kairo dan diperkosa.

Diketahui bahwa komplotan CC melakukan "human trafficking" dengan modus mempekerjakan korban sebagai TKI di luar negeri.

Dalam kasus ini, polisi mengamankan sejumlah barang bukti yakni 50 paspor, satu bundel "medical check" calon TKI, satu bundel biodata TKI, satu bundel kartu keluarga, satu bundel pasfoto calon TKI, satu bundel slip setoran Bank BCA, satu bundel cetak tiket pesawat tujuan Malaysia, Turki dan Abu Dhabi.

Suharsono menuturkan, dari keterangan sementara, tersangka CC mengakui telah membawa G ke Malaysia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper