Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bambang Soesatyo: Krisis Ekonomi Bisa Berujung Krisis Politik

Partai Golkar mengkhawatirkan krisis ekonomi yang ditandai dengan pemutusan hubungan kerja (PHK) akan berujung pada krisis kepercayaan dan krisis politik yang membahayakan.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 29 September 2015  |  14:26 WIB
Bambang Soesatyo - Antara
Bambang Soesatyo - Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Partai Golkar mengkhawatirkan krisis ekonomi yang ditandai dengan pemutusan hubungan kerja (PHK) akan berujung pada krisis kepercayaan dan krisis politik yang membahayakan.

Menurut Sekretaris Fraksi Partai Golkar Bambang Soesatyo perkembangan ekonomi yang kian memburuk merupakan perkembangan serius. Apalagi, ujarnya, ancaman PHK sudah di depan mata dan pengangguran terjadi di mana-mana.

“Rakyat sudah apatis melihat keadaan sekarang ini, yang serba sulit dan susah. Golkar khawatir, kalau krisis ekonomi ini tidak cepat diatasi, krisis ekonomi yang terjadi sekarang ini akan berubah jadi krisis kepercayaan dan krisis politik yang membahayakan pemerintah,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (29/9/2015).

Bambang juga mengkritik politik bagi-bagi kekuasaan oleh Presiden Jokowi kepada orang-orang yang kritis dan bekas tim suksesnya di Pilpres 2014 lalu.

Menurutnya langkah itu hanya akan menumpulkan daya kritis dan pengawasan masyarakat terhadap jalannya pemerintahan.

‘’Lemahnya kritik dari masyarakat ini tentu akan merugikan pemerintah sendiri karena tanpa disadari, krisis ekonomi akan makin bertambah parah dan kalau tidak cepat diatasi, bisa berubah jadi krisis kepercayaan dan krisis politik,’’ ujarnya.

Menurut Bambang, ketidakharmonisan kabinet juga telah menjadi tontonan publik. Untuk itu, dia mengingatkan bahwa disharmoni di kabinet telah membentuk persepsi negatif tentang target dan fokus pemerintah sekarang ini. 

 "Persepsi negatif itu menyebabkan ekonomi kita makin memburuk. Banyak orang mengatakan, enggak usah didorong-dorong, pemerintahan ini akan tumbang sendiri,’’ ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

partai politik krisis ekonomi
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top