Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KABUT ASAP: 68 Penerbangan di Riau Dibatalkan

Sebanyak 68 penerbangan di Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru Provinsi Riau dipastikan batal akibat kabut asap kebakaran hutan dan lahan.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 28 September 2015  |  04:22 WIB
Ilustrasi: Sejumlah pekerja memperbaiki pembatas jalan ketika kabut asap pekat menyelimuti Kabupaten Siak, Riau, Selasa (15/9/2015). - Antara/FB Anggoro
Ilustrasi: Sejumlah pekerja memperbaiki pembatas jalan ketika kabut asap pekat menyelimuti Kabupaten Siak, Riau, Selasa (15/9/2015). - Antara/FB Anggoro

Bisnis.com, PEKANBARU -  Sebanyak 68 penerbangan di Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru Provinsi Riau dipastikan batal akibat kabut asap kebakaran hutan dan lahan.

"Dari pagi hingga terakhir pukul 21.00 WIB belum ada aktivitas penerbangan sama sekali. Hari ini sesuai jadwal ada 68 penerbangan dan seluruhnya telah dibatalkan karena jarak pandang terbatas," kata Airport Duty Manager Bandara SSK II Pekanbaru, Ibnu Hasan kepada Antara di Pekanbaru, Minggu (28/9/2015).

Ia mengatakan jarak pandang terpantau berada di kisaran antara 100 meter hingga 300 meter.

Pembatalan puluhan jadwal penerbangan ini merupakan yang kedua kalinya setelah pada Sabtu lalu (26/9) seluruh aktivitas penerbangan lumpuh.

"Bedanya kemarin ada dua pesawat yang menginap yakni Garuda dan Lion. Keduanya dapat terbang pada pagi. Tapi hari ini sama sekali tidak ada penerbangan," katanya.

Dari pantauan Antara, sekitar 4.000 calon penumpang menjadi terlantar akibat pembatalan penerbangan. Tumpukan penumpang mulai terlihat pada siang hari dan terus bertambah menjelang petang.

Dengan dibatalkannya puluhan penerbangan itu, para calon penumpang kemudian memilih untuk melakukan pengembalian tiket (re-fund) dan penjadwalan ulang (re-schedule). Tampak antrean penumpang mengular di ruang keberangkatan hingga mencapai 20 meter.

Saat ini terdapat 11 maskapai yang melayani sekitar 70 rute penerbangan domestik dan internasional di Bandara SSK II Pekanbaru setiap harinya.

Bandara SSK II Pekanbaru sejak 2 September 2015 lalu terus mengalami gangguan penerbangan akibat kabut asap. Setiap harinya puluhan penerbangan mengalami gangguan baik itu pembatalan maupun keterlambatan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Pekanbaru mendeteksi terdapat 236 titik panas yang tersebar di Sumatera pada Minggu pukul 16.00 WIB. Mayoritas titik panas terkonsentrasi di Sumatera Selatan dengan 263 titik, lalu Bangka Belitung 29 titik serta Lampung 17 titik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kabut Asap

Sumber : ANTARA

Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top