Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TRAGEDI MINA 2015: 3 WNI Karyawan Grup Bin Laden Tewas

Seorang warga negara Indonesia (WNI) yang bermukim di Arab Saudi dan melaksanakan ibadah haji secara mandiri termasuk di antara korban tragedi Mina.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 September 2015  |  09:44 WIB
Tim Pertahanan Sipil Arab Saudi berusaha menyelamatkan korban insiden jemaah haji saling dorong di Mina, Kamis (25/9/2015) - Reuters
Tim Pertahanan Sipil Arab Saudi berusaha menyelamatkan korban insiden jemaah haji saling dorong di Mina, Kamis (25/9/2015) - Reuters

Kabar24.com, JAKARTA-- Seorang warga negara Indonesia (WNI) yang bermukim di Arab Saudi dan melaksanakan ibadah haji secara mandiri termasuk di antara korban tragedi Mina.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Abdul Djamil saat jumpa pers Senin (28/9/2015) dini  hari, mengatakan korban bernama Rumiati binti Nomo alias Aminah yang berasal dari Desa Kalipare RT 03/03, Kecamatan Kalipare, Arjowilangun, Malang, Jawa Timur.

"Sampai dengan saat ini, jumlah WNI ayang menjadi korban peristiwa Mina berjumlah empat orang," katanya.

Konsul Jenderal RI untuk Jeddah, Dharmakirty Syailendra Putra, mengatakan Rumiati binti Nomo alias Aminah merupakan WNI yang telah lama bermukim di Arab Saudi dan paspornya masih aktif hingga 2017.

"Dia melakukan ibadah haji tanpa melalui agen perjalanan, atau melaksanakan haji secara mandiri," katanya.

Dari kartu identitasnya, Aminah diketahui tinggal dengan keponakannya di Arab Saudi dan bekerja untuk warga negara Arab yang sedang berlibur.

Sebelumnya, Kepala Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daker Makkah Arsyad Hidayat mengatakan, bahwa ada tiga WNI yang bekerja di perusahaan Grup Bin Laden yang menjadi korban peristiwa Mina saat menjalankan ibadah haji.

Jadi 42 Orang

Ketiga korban yang bernama Akhmad Jamhuri bin Hisyam, Wartoyo Usman Kalib, dan Asdinur Sanuri Hamzah menjalankan ibadah haji menggunakan jasa biro perjalanan Al-Rajhi bersama enam WNI lainnya.

Dharmakirty mengatakan selain Aminah, ada seorang WNI bernama Asmad Kasim yang terluka di Mina dan masih menjalani perawatan. Dia merupakan salah satu pengguna jasa biro perjalanan Al-Rajhi.

"Dengan demikian ada lima WNI lainya yang ikut Al Rajhi yang belum diketahui nasibnya pasca-peristiwa Mina," katanya.

Di tambah dengan Aminah, jumlah warga Indonesia yang meninggal dunia dalam peristiwa di Mina saat ini tercatat 42 orang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tragedi mina

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top