IDUL ADHA: Pelindo III Berkurban 45 Sapi dan 117 Kambing

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) mempersembahkan 45 sapi dan 117 kambing sebagai hewan kurban keluarga besar Pelindo III. Penyembelihan dikelola oleh Takmir Masjid Baitul Hakam di Tanjung Perak, Surabaya.
Wike Dita Herlinda | 24 September 2015 23:38 WIB
-

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) mempersembahkan 45 sapi dan 117 kambing sebagai hewan kurban keluarga besar Pelindo III. Penyembelihan dikelola oleh Takmir Masjid Baitul Hakam di Tanjung Perak, Surabaya.

Direktur Utama Pelindo III Djarwo Surjanto secara simbolis menyerahkan hewan kurban Pelindo III dan diterima oleh Ketua Panitia Kurban Pelindo III Hadi Lukmantyo, di halaman masjid, Kamis (24/9/2015).

Djarwo Surjanto yang menyembelih sendiri sapi kurbannya pagi itu menyampaikan bahwa persembahan kurban tersebut merupakan ungkapan syukur.

“Ibadah kurban kami jalankan dengan rendah hati sesuai tuntunan Nabi Ibrahim, sebagai cara mensyukuri nikmat dari Alloh SWT,” katanya dalam siaran pers Pelindo III, Kamis (24/9/2015).

Dia menjelaskan bahwa hewan-hewan kurban tahun ini terkumpul dari para karyawan, keluarga karyawan, anak usaha, dan mitra kerja Pelindo III.

Kemudian daging hasil sembelihan akan disalurkan kepada golongan masyarakat yang membutuhkan, seperti tenaga kerja bongkar muat pelabuhan, petugas kebersihan, takmir masjid dan musholla, serta sejumlah yayasan dan panti asuhan.

“Pembagian daging kurban ini menjadi kesempatan Pelindo III bersilaturahmi dengan masyarakat sekitar pada kesempatan yang baik, Hari Raya Idul Adha”, tambahnya.

Sementara itu di tengah kesibukan acara, Ketua Takmir Masjid Baitul Hakam Sudarman mengungkapkan peningkatan jumlah hewan kurban Pelindo III dari tahun ke tahun.

“Jumlahnya selalu meningkat setiap tahunnya. Tahun lalu (2014) 41 ekor sapi dan 103 kambing, setahun sebelumnya pada tahun 2013 ada 35 sapi dan 85 kambing”, paparnya. Setidaknya ada 4.000 bungkus dari 4 ton lebih daging kurban yang akan diserahkan hari ini, ungkapnya lagi.

Kahumas Pelindo III Edi Priyanto membenarkan bahwa tradisi kurban Pelindo III sudah dilaksanakan setiap tahun sejak belasan tahun lalu.

“Sesuai tuntunan agama bahwa penyembelihan boleh dilaksanakan selama hari ini dan hingga hari tasyriq atau tiga hari ke depan (tanggal 25-27/9), maka tidak keseluruhan hewan kurban disembelih hari ini”, jelasnya.

Tag : idul adha
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top