Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perkuat Hubungan Bilateral, Pemuda Indonesia-Australia Bertemu di CAUSINDY

Australia-Indonesia Youth Association berupaya memperkuat hubungan bilateral Indonesia dan Australia melalui pertukaran ide-ide dan pengetahuan antarpemuda dalam acara CAUSINDY.
Wike Dita Herlinda
Wike Dita Herlinda - Bisnis.com 21 September 2015  |  19:32 WIB
Logo aiya- - causindy.or.id
Logo aiya- - causindy.or.id

Kabar24.com, JAKARTA – Australia-Indonesia Youth Association berupaya memperkuat hubungan bilateral Indonesia dan Australia melalui pertukaran ide-ide dan pengetahuan antarpemuda dalam acara CAUSINDY.

CAUSINDY, juga dikenal sebagai Conference for Australian and Indonesian Youth, diadakan di Darwin selama 19-22September 2015 melalui kerjasama dengan UTS: Insearch. 

Konferensi ini  dihadiri oleh 30 pemimpin muda dari Australia dan Indonesia, dengan misi untuk meningkatkan hubungan bilateral serta menciptakan sebuah landasan untuk dialog bagi para pemuda.

“Sebagai salah satu negara tetangga terdekat dengan Australia dan memiliki kekuatan ekonomi yang terdepan, hubungan dengan Indonesia merupakan salah satu hubungan bilateral yang paling penting,” jelas Managing Director UTS:INSEARCH Alex Murphy dalam siaran pers, Senin (21/9/2015).

Setelah tinggal, belajar, dan bekerja di Indonesia, lanjut Murphy, dia mengaku memahami betapa pentingnya membangun pengertian dan menghormati antara kedua negara ini dengan kegiatan yang strategis seperti CAUSINDY.

Sementara itu, Program Manager Komunikasi UTS:INSEARCH Janet Gibson akan menyelenggarakan serangkaian workshop selama konferensi untuk mendorong para delegasi dapat mengembangkan dan berbagi ide serta sudut pandang terkait hubungan kedua negara.

 “Dengan menggunakan teknik bercerita seperti pada budaya zaman dahulu, para delegasi akan mempresentasikan pengalaman mereka dalam kerangka multimodal,” jelasnya.

Tahun ini merupakan tahun ketiga program CAUSINDY, setelah sukses dalam konferensi sebelumnya di Canberra dan Jakarta.

Konferensi tahun ini dirancang untuk mempromosikan cara-cara inovatif untuk memperluas hubungan bilateral - melihat sejarah hubungan antara Australia-Indonesia, dan menemukan cara untuk melibatkan masyarakat lokal.

Sejak CAUSINDY pertama kali diadakan pada 2013, hubungan antara para delegasi telah membantu masyarakat lain memahami bahwa tidak semua orang Indonesia atau Australia setuju dengan situasi kedua negara saat ini.

“Di sinilah mengapa CAUSINDY akanmeneruskan perannya yang penting untuk menjadi wadah bagi para pemuda untuk mengemukakan pikiran mereka dan menberikan solusi bagi berbagai masalah yang ada,” lanjut Gibson.

Bede Moore, Pendiri CAUSINDY, mengatakan, “Peningkatan kualitas dan besarnya jaringan yang telah dibentuk antara Indonesia dan Australia adalah satu keberhasilan yang penting bagi kami.”

Menurutnya, dengan berkembangnya jaringan tersebut tiap tahun, para delegasi dapat membentuk lebih banyak  hubungan dan memiliki kesempatan yang luas. “Menurut kami hal ini akan menghasilkan sebuah perubahan positif yang berkelanjutan antar dua negara.”

Bede menambahkan bahwa keberhasilan lainnya dinilai dari besarnya jumlah delegasi yang tertarik ikut serta tahun ini dan key partners yang kembali bergabung, seperti keikutsertaan kedutaan Australia dan Indonesia, dan komitmen yang berkelanjutan dari UTS:INSEARCH.

"Tujuan dari CAUSINDY adalah menghubungkan para pemimpin muda dari Indonesia dan Australia yang sangat peduli tentang hubungan bilateral serta yang memiliki pengalaman di dalamnya, berusaha untuk bekerja sama, mencari cara untuk mengembangkan dan meningkatkan hubungan,” ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

australia
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top