Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERTEMUAN PIF: Indonesia Dukung Pembangunan Negara-negara PIF

Pemerintah Indonesia menyatakan mendukung dan siap mendampingi upaya pembangunan negara-negara kepualauan yang berada di sekitar Samudera Pasifik.

Kabar24.com, JAKARTA – Pemerintah Indonesia menyatakan mendukung dan siap mendampingi upaya pembangunan negara-negara kepualauan yang berada di sekitar Samudera Pasifik.

Wakil Menteri Luar Negeri RI Mohammad Fachir saat menghadiri pertemuan KTT ke-46 Pacific Island Forum (PIF) menyampaikan Indonesia sebagai negara kepulauan pun memiliki tantangan yang sama  dengan negara-negara kepualauan di Samudera Pasifik.

“Indonesia berkomitmen dan siap, serta dengan semangat mendukung negara-negara PIF dalam upaya pembangunannya,” tegas Fachir dalam sambutannya saat menghadiri PIF seperti dikutip Bisnis dari siaran pers yang dipublikasikan Kemenlu RI, Jumat (11/9/2015).

Adapun, pertemuan KTT ke-46 PIF dilaksanakan selama 7-11 September 2015 di Port Moresby, Papua Nugini. Pada pertemuan itu, dibahas pula sejumlah isu penting seperti perikanan, perubahan iklim, kesehatan, teknologi informasi, serta pelanggaran HAM di Papua Barat.

Salah satu isu yang mendapat perhatian tinggi dalam pertemuan terkait dengan tantangan perubahan iklim yang dihadapi negara-negara Pasifik. Menanggapi hal ini, Wamenlu RI menyampaikan bahwa Indonesia memiliki komitmen yang tinggi untuk mengatasi perubahan iklim.

Fachir mengatakan Indonesia juga akan mendorong kepentingan negara kepulauan di Pasifik dalam upaya mendapatkan hasil yang ambisius dan equitablepada pertemuan Perubahan Iklim UNFCCC di Paris akhir tahun ini. 

“Kita akan bekerja dengan negara Pasifik untuk mendapatkan hasil di Paris guna mengatasi tantangan yang dihadapi negara-negara Pasifik terkait perubahan Iklim”,” terang Fachir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper