Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyalahguna Narkoba Rusak Balai Rehabilitasi di Makassar

Ratusan penyalahguna narkoba(residen) Balai Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) Baddoka, Makassar, bertindak anarkis dengan merusak fasilitas Balai Rehabilitasi yang terletak di Jl. Batara Bira, Baddoka, Makassar, Sulawesi Selatan, pada Minggu (23/8/2015).
Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Anang Iskandar (kanan)
Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Anang Iskandar (kanan)

Bisnis.com, JAKARTA -  Ratusan penyalahguna narkoba(residen) Balai Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN) Baddoka, Makassar, bertindak anarkis dengan merusak fasilitas Balai Rehabilitasi yang terletak di Jl. Batara Bira, Baddoka, Makassar, Sulawesi Selatan, pada Minggu (23/8).

Siaran pers BNN di Jakarta, Rabu (26/8/2015), menyebutkan petugas BNN beserta personel Polrestabes Makassar dan Polsek Biringkanaya, dibantu anggota Brimob Polda Sulsel diterjunkan guna mengamankan kericuhan tersebut.

Petugas gabungan terpaksa melepaskan tembakan gas air mata untuk menghentikan tindakan anarkis para residen yang sedang direhabilitasi karena kasus penyalahgunaan narkoba.

Sejumlah ruang tahanan dan ruang isolasi disisir petugas. Beberapa residen yang dianggap sebagai provokator diamankan petugas untuk diproses lebih lanjut.

Kejadian ini bermula dari aksi provokatif yang dilakukan salah seorang residen berinisial RA.

Sekitar pukul 21.30 WITA, konselor BNN melakukan individual konselor terhadap RA yang terindikasi sering melakukan pelanggaran selama masa rehabilitasi.

Sekitar pukul 22.00 WITA, residen tersebut membuat pernyataan tidak benar kepada rekan-rekannya bahwa ia mendapat perlakuan kasar dari petugas konselor BNN. Kemudian tersangka membuat kegaduhan hingga membuat residen lainnya terpancing untuk melakukan tindakan anarkis.

Sekitar pukul 23.00 WITA, petugas dan pegawai balai melakukan siap siaga dan pendekatan persuasif kepada para residen. Para residen semakin brutal pada sekitar pukul 00.30 WITA, mereka mulai menghancurkan fasilitas di lantai 2 dan 3 gedung Balai Rehabilitasi Baddoka. Hingga akhirnya petugas BNN meminta bantuan kepada Polsek dan Polda setempat untuk melakukan pengamanan.

Hingga pukul 01.00 WITA, aksi para residen semakin tak terkendali dan melakukan upaya melarikan diri dengan memecahkan kaca ruangan hingga akhirnya petugas terpaksa menembakkan gas air mata untuk melerai kerusuhan tersebut.

Atas kejadian ini, Kepala Balai Besar Rehabilitasi BNN Baddoka, AKBP Agustinus Sollu, melakukan pemeriksaan terhadap seluruh petugas. Dari hasil pemeriksaan tidak ada indikasi adanya tindak kekerasan yang dilakukan oleh petugas konselor terhadap residen. Kejadian ini murni aksi anarkis yang dipicu oleh tindak provokatif yang dilakukan oleh salah satu residen.

Saat ini kondisi Balai Besar Rehabilitasi BNN Baddoka telah kembali Normal. Agustinus telah melakukan pendataan fasilitas yang mengalami kerusakan untuk segera diperbaiki agar kegiatan rehabilitasi kembali berjalan maksimal.

Agustinus juga menyampaikan bahwa residen yang terlibat tindak pengrusakan akan diproses sesuai hukum yang berlaku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper