Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah dan ATVSI Sepakat Audit Rating

Pemerintah dan Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) sepakat untuk melakukan audit terhadap lembaga pemeringkat atau rating yang memberikan nilai terhadap program televisi.
Ilustrasi/Thecable
Ilustrasi/Thecable
Bisnis.com, JAKARTAPemerintah dan Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) sepakat untuk melakukan audit terhadap lembaga pemeringkat atau rating yang memberikan nilai terhadap program televisi.
 
Anies Baswedan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, mengatakan pemerintah dan pengelola televisi swasta sepakat untuk memperbaiki pengelolaan dan proses rating. Hal itu dilakukan agar televisi dapat menayangkan program yang memuat pendidikan bagi masyarakat.
 
Ke depan perlu didiskusikan lebih jauh mengenai persoalan rating ini, bagaimana pengelolaan dan prosesnya, sehingga dapat memberikan arah pemrograman yang lebih konstruktif bagi pengelola tekevisi dan masyarakat, katanya di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (21/8).
 
Anies menuturkan saat ini pengelola televisi menggunakan hasil riset yang dilakukan lembaga pemeringkat untuk menayangkan programnya. Hal tersebut membuat rating sangat berperan dalam industri pertelevisian di dalam negeri.
 
Menurutnya, proses pembuatan rating harus dievaluasi agar benar-benar dapat memproyeksikan dan mewakili kebutuhan seluruh masyarakat di Indonesia.
 
Pemerintah juga akan mendorong seluruh pemangku kepentingan di industri pertelevisian untuk memproduksi dan menayangkan program yang memuat nilai integritas, etos kerja, dan gotong royong.
 
Kami mengimbau kepada semua pemangku kepentingan untuk membuat program yang dapat ditonton bersama keluarganya, ujarnya.
 
Ishadi, perwakilan ATVSI, mengatakan sepakat untuk melakukan audit terhadap lembaga pemeringkat dalam memberikan nilai untuk program televisi. Proses pemberian ratingnya pun harus terus diperbaiki, agar dapat memperbaiki kualitas penyiaran nasional.
 
Mengenai lembaga pemeringkat, hendaknya diaudit dan terus menerus melakukan perbaikan saat melakukan penghitungan rating, sehingga pada akhirnya akan memperbaiki siaran televisi, ucapnya.
 
Menurutnya, Komisi Penyiaran Indonesia juga harus melakukan penilaian secara proporsional dan terukur dalam mengawasi tayangan program televisi. Dengan begitu, kualitas program televisi yang disajikan akan lebih terjaga kualitasnya.
 
Dia juga menyambut baik ajakan pemerintah untuk melakukan kajian kembali terhadap program-program yang tayang saat ini. Kajian tersebut untuk mengetahui apakah program televisi saat ini sudah sesuai dengan aturan yang berlaku.
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper