Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIDATO KENEGARAAN: Ke Mana SBY Tidak Hadir di Senayan?

Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak tampak dalam Sidang Tahunan Majelis Perwakilan Rakyat RI. Pada Pidato Kenegaraaan yang pertama kali dilakukan oleh Presiden Joko Widodo hanya SBY yang tidak disebut dalam sambutannya.
SBY dan Megawati Soekarnoputri/Antara
SBY dan Megawati Soekarnoputri/Antara

Bisnis.com,  JAKARTA--Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak tampak dalam Sidang Tahunan Majelis Perwakilan Rakyat RI. Pada Pidato Kenegaraaan yang pertama kali dilakukan oleh Presiden Joko Widodo hanya SBY yang tidak disebut dalam sambutannya.

Pada sambutan Pidato Kenegaraan, Jumat (14/8/2015) Jokowi menyapa seluruh mantan presiden dan wakil presiden, seperti Presiden RI ke-3 BJ Habibie, Presiden ke-5 Megawati Soekarno Putri, mantan Wakil Presiden Tri Soetrisno, Hamzah Haz, dan Boediono.

Namun, nama SBY tidak disebut dalam sambutan tersebut. Ke mana kah SBY?

Seperti diketahui semasa SBY menjabat sebagai presiden, Megawati belum pernah menjejakkan kaki di Sidang Tahunan MPR dan Istana Negara saat memperingati hari kemerdekaan RI. Kecuali ketika almarhum suaminya Taufik Kiemas menjadi Ketua MPR RI, karena selaku pendamping.

Sejak peristiwa pilpres 2004, hubungan SBY dan Megawati ibarat api dalam sekam. Hal itu bermula ketika SBY mengundurkan diri dari Menko Polhukam saat Megawati menjabat sebagai presiden untuk maju menjadi presiden pada pilpres 2014.

Pada proses pengunduran diri tersebut sempat terjadi gesekan sehingga hubungan kedua tokoh bangsa itu tidak harmonis.

Pertemuan SBY dan Megawati terjadi hanya beberapa kali, yakni saat almarhum Taufik Kiemas masih menjabat Ketua MPR RI. Kemudian saat prosesi pemakaman Taufik Kiemas. Selain itu, saat pelantikan Jokowi menjadi presiden pada 2014.

Beberapa kali SBY ingin bertemu dengan Megawati, dan bahkan ingin menjalin koalisi partai. Namun, hal itu belum ada titik temu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper