Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tujuh Kabupaten Sepakat Bangun Geopark Kaldera Toba

Sebanyak tujuh kabupaten di Sumatra Utara yang berada di sekitar Danau Toba pada hari ini (11/8/2015) menandatangani kesepakatan untuk bersama membangun Geopark Kaldera Toba.
Danau Toba/danautoba.org
Danau Toba/danautoba.org

Bisnis.com, MEDAN--Sebanyak tujuh kabupaten di Sumatra Utara yang berada di sekitar Danau Toba pada hari ini (11/8/2015) menandatangani kesepakatan untuk bersama membangun Geopark Kaldera Toba.

Penandatangan ini disaksikan oleh Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata Dadang Rizki Ratman, Kadis Pariwisata Sumut Elisa Marbun dan Bupati Samosir Mangindar Simbolon serta Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi.

Ketujuh kabupaten tersebut yakni Samosir, Toba Samosir, Simalungun, Tapanuli Utara, Karo, Humbang Hasundutan dan Dairi.

"Danau Toba hingga saat ini masih menjadi kawasan strategis pariisata nasional dan ikon pariwisata Sumut. Kami telah membentuk tim percepata pengajuan Danai Toba sebagai Geopark Kaldera sejak 2013. Kami berharap rencana ini segera terealisasi," tutur Erry.

Lebih lanjut, Erry mengatakan, pada 8-11 Juli 2015, tim asesor Unesco juga telah meninjau kelayakan Geopark Kaldera Toba untuk masuk menjadi Global Geopark Network.

Dadang Rizki menambahkan, ketujuh kabupaten ini meliputi total luas 3.658 km2. Geopark sendiri, tuturnya meliputi tiga aspek yakni konservasi, pembangunan ekonomi dan pengembangan masyarakat.

"Kami berharap dengan dibangunnya Geopark Kaldera Toba akan ikut meningkatkan pendapatan pariwisata dan devisa US$20 miliar pada 2019. Pada tahun lalu pendapatan devisa dari lokasi tersebut US$11 miliar. Masyarakat pun akan terdongkrak kesejahteraannya," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper