Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gajah Liar yang Berkeliaran di Pemukiman Penduduk Berhasil Dievakuasi

Gajah Liar yang Berkeliaran di Pemukiman Berhasil dievakuasi
Ilustrasi/JIBI-Istimewa
Ilustrasi/JIBI-Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Riau berhasil mengevakuasi seekor gajah liar yang berkeliaran di permukiman warga di Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru, Riau, Sabtu.

Berdasarkan pantauan Antara, proses evakuasi memakan waktu sekitar 24 jam sejak dimulai pada Jumat (24/7) dengan melibatkan dua gajah jinak dari Pusat Latihan Gajah (PLG) Minas-Siak Riau.

Gajah jinak tersebut adalah Seng Arun, jantan berumur 51 tahun dan gajah betina bernama Indah yang berusia 43 tahun. Proses evakuasi turut melibatkan personel TNI dan Polri serta organisasi konservasi satwa, WWF.

Sehari sebelumnya tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) kesulitan melakukan evakuasi karena ramainya warga di Kelurahan Sail Kecamatan Tenayan Raya. Warga yang memenuhi lokasi evakuasi sehingga mengakibatkan gajah jantan liar itu sulit untuk dibius.

Pada Jumat malam (24/7) regu penjinak baru bisa merantai satwa yang memiliki nama latin "elephas maximus sumatranus" itu di dalam hutan sekunder tak jauh dari permukiman warga.

Proses penggiringan gajah liar dari dalam hutan ke truk menjadi tontotan seribuan warga sekitar. Pihak kepolisian dan TNI sempat kerepotan untuk mengatur warga yang terlihat nekat mendekat lokasi jalur evakuasi gajah.

"Saya akui proses evakuasi gajah ini sangat sulit karena ramainya warga yang menonton, sedangkan gajah liar ini sangat sensitif karena stres dan berpotensi mengamuk apabila mendengar suara dan cahaya lampu," ujar Kepala Bidang Wilayah II BBKSDA Riau, Supartono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper