Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

26.000 Guru Pensiun, Kemendikbud Kekurangan Stok

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kekurangan stok guru lantaran banyaknya guru yang memasuki masa pensiun di tahun ini.
Redaksi
Redaksi - Bisnis.com 24 Juni 2015  |  14:19 WIB
Ilustrasi - JIBI
Ilustrasi - JIBI

Kabar24.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kekurangan stok guru lantaran banyaknya guru yang memasuki masa pensiun di tahun ini.

"Tahun ini sebanyak 26.000 guru se-Indonesia akan pensiun. Sampai saat ini belum ada persiapan, siapa yang akan menggantikannya," kata Kepala Seksi Penyusunan Program Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Ditjen Dikdas Kemdikbud, Tagor Alamsyah Harahap, Rabu (24/6).

Guru yang pensiun tersebut terdiri dari guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Guru yang akan pensiun tersebut merupakan lulusan dari Sekolah Pendidikan Guru (SPG) pada masa itu. Provinsi yang paling banyak guru pensiunnya adalah Jawa Barat.

Pakar pendidikan, Muhdi mengatakan ledakan pensiun atau pensiun guru dalam jumlah besar-besaran terutama guru SD sebenarnya sudah terjadi sejak 2012 lalu, dan akan berlangsung sampai 2018-2020.

"Ledakan pensiun guru SD yang sudah terjadi dan berlangsung sampai beberapa tahun ke depan sebenarnya berkaitan dengan penggalakan SD-SD Inpres di berbagai wilayah pada era 1970," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemendikbud

Sumber : Antara

Editor : Yusran Yunus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top