Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kelaparan di NTT: Bantuan Mensos Salah Alamat

Bantuan yang diberikan Menteri Sosial (Mensos), Khofifah Indar Parawansa, yang seharusnya untuk korban kelaparan di lima desa di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), ternyata salah alamat.
Mensos Khofifah Indar Parawansa/Antara
Mensos Khofifah Indar Parawansa/Antara

Kabar24.com, KUPANG-- Bantuan yang diberikan Menteri Sosial (Mensos), Khofifah Indar Parawansa, yang seharusnya untuk korban kelaparan di lima desa di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), ternyata salah alamat.

Hal itu diungkapkan anggota DPRD NTT, Jefry Banunaek. Menurut dia, Khofifah  tidak diarahkan ke lokasi warga desa yang mengalami kelaparan.

"Mensos justru diarahkan ke dua desa yang tidak mengalami kelaparan," kata Jefry kepada wartawan di Kupang, Kamis (18/6/2015).

Kedatangan Khofifah ke NTT, Rabu (17/6/2015), untuk melihat langsung kondisi warga di lima desa yang dilanda kelaparan dan memberikan bantuan.

Lima desa itu adalah Desa Toineke, Tuafanu, Kiufatu, dan Oni di Kecamatan Kualin, dan Desa Oebelo di Kecamatan Amanuban Selatan.

Dalam kunjungannya, Khofifah memberikan bantuan berupa 12 karung ikan kering, 24 ton beras, 24 dos kecap, 21 dos minyak goreng, 800 dos mi instan. Bantuan diterima secara simbolis oleh Bupati Timor Tengah Selatan, Paul Mella.

Tak Kelaparan

Menurut Jefry, dalam kunjungannya Khofifah dibawa ke desa yang tak dilanda kelaparan, seperti Desa Nuemuke, Kecamatan Kualin.

"Warga di desa itu tidak mengalami kelaparan," ujarnya.

Jefry menyesalkan bantuan yang salah alamat itu. Dia menduga pemerintah daerah setempat menutup-nutupi warganya yang mengalami kelaparan.

"Pemda terkesan menutupi masalah kelaparan, sehingga membawa menteri ke lokasi yang subur," ujarnya.

Jefry mengatakan, pada kenyataannya Khofifah tidak dibawa untuk mengunjungi desa yang mengalami kelaparan akibat kekeringan yang berkepanjangan. Sebagian besar warganya terpaksa mengkonsumsi putak atau pakan ternak.

"Desa-desa yang warganya mengalami kelaparan berada di pesisir pantai," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper