Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mantan Bos SMF Raih Gelar Doktor Hukum di UGM

Mantan Direktur Utama PT Sarana Multigriya Finansial Erica Soeroto meraih gelar Doktor dalam bidang ilmu hukum dari Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, dengan tema desertasi soal sistem pembiayaan perumahan.
Erica Soeroto (kiri)/Antara
Erica Soeroto (kiri)/Antara

 

 

Bisnis.com, YOGYAKARTA--Mantan Direktur Utama PT Sarana Multigriya Finansial Erica Soeroto meraih gelar Doktor dalam bidang ilmu hukum dari Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, dengan tema desertasi soal sistem pembiayaan perumahan.

Erica mampu mempertahankan desertasi yang berjudul Pengembangan Surat Utang Beragun Piutang Kredit Pemilikan Rumah dalam sidang terbuka Program Doktor FH UGM, Senin (15/6/2015). Dalam desertasinya, Erica mengungkapkan bahwa kesenjangan kepemilikan rumah yang menimbulkan permukiman kumuh merupakan cermin tidak berfungsinya sistem pembiayaan perumahan.

Sistem pembiayaan rumah merupakan mekanisme untuk menghimpun dana dan menyalurkannya ke pasar pembiayaan perumahan. Menurutnya, untuk membentuk sistem pembiayaan yang erfisien diperlukan akses pendanaan ke pasar modal.

Erica menuturkan beberapa kendala pengembangan surat utang beragun piutang KPR di Indonesia, antara lain kurangnya regulasi yang mengawal berjalannya pasar pembiayaan perumahan yang membuka peluang tumbuhnya bubble. Selain itu, pasar keuangan didominasi perbankan, sehingga pasar menjadi tidak efisien dan harga dana menjadi lebih mahal serta rentan terhadap goncangan spekulasi.

Menurutnya, ada kelompok masyarakat yang tidak mampu mengakses KPR biasa melalui perbankan, dan tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan FLPP. Kelompok inilah yang menjadi salah satu sasaran bagi pengembangan surat utang beragun piutang KPR.

Oleh karena itu, Erica menawarkan skema khusus yang bisa dilaksanakan di Indonesia. "Dengan adanya skema khusus tersebut, diharapkan lebih banyak masyarakat yang memiliki kemampuan angsur dapat terlayani," ujarnya.

Ketua tim penguji adalah Prof. Marsudi Triatmodjo, yang menyatakan Erica lulus dengan predikat cum laude. Sementara itu, promotor doktor adalah Prof. Nindyo Pramono dan ko-promotor Prof. Erman Rajaguguk--berhalangan hadir karena sedang dalam masa penyembuhan.

Erica yang menjabat Dirut SMF periode 2005-2011 itu saat ini adalah konsultan di bidang real estate finance dan dosen tamu di Universitas Tarumanegara. Ia mendapat Certified Mortgage Banker (CMB) dari The Mortgage Bankers Association of America, USA pada 1997 dan lulus sebagai orang pertama di luar AS yang memperoleh professional designation CMB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper