Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Beda Beras Tiruan Buatan BPPT dengan Beras Plastik

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menawarkan hasil pengembangan teknologi pangan berupa beras analog sebagai pengganti beras impor.
Serangan hama padi/Antara-Destyan Sujarwoko
Serangan hama padi/Antara-Destyan Sujarwoko

Kabar24.com, JAKARTA-- Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menawarkan hasil pengembangan teknologi pangan berupa beras analog sebagai pengganti beras impor.

"BPPT mengembangkan beras tiruan atau beras analog, yang dibuat dari bahan baku lokal. Beras ini berasal dari jagung, ubi kayu, dan atau sagu, sehingga dijamin aman. Bahkan bermanfaat kesehatan seperti indeks glikemik rendah," kata Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi (TAB) Listyani Wijayanti di Jakarta, Selasa (26/5/2015).

Beras analog ini berbeda dengan beras sintetis yang mengandung plastik, dan saat ini menjadi masalah di Tanah Air. Beras sintetis ini disebut-sebut berasal dari China.Teknik proses produksinya atau peralatan produksinya pun, menurut Listyani, telah dikembangkan oleh BPPT.

Diseminasi teknologi juga telah dilakukan melalui pelaku usaha (UKM) di beberapa daerah.

"Yang paling penting, beras analog ini menggunakan bahan baku lokal, sehingga mengurangi ketergantungan akan pangan impor, termasuk impor beras," katanya.

Diversifikasi pangan untuk mewujudkan ketahanan pangan yang dilakukan BPPT melalui Kedeputian TAB dalam hal ketahanan pangan nasional selama ini memang menyoroti upaya penyediaan pangan pokok (beras) dari tahun ke tahun.

Listyani mengatakan, ketersediaan lahan untuk produksi beras (padi) semakin tidak mampu memenuhi jumlah kebutuhan. Bahkan lahan semakin kurang, karena lahan yang tadinya berfungsi untuk tanaman pangan, beralih fungsi menjadi pemukiman dan industri.

Tingkat Konsumsi

Sementara itu, tingkat konsumsi beras Indonesia sangat tinggi, lebih dari 100 kilogram per kapita per tahun jauh lebih tinggi dari rata-rata konsumsi beras dunia yang hanya 60 kilogram per kapita per tahun. Oleh karena itu, kesadaran masyarakat akan manfaat konsumsi pangan beragam perlu ditumbuhkan.

Hal ini akan meningkatkan konsumsi dan juga produksi pangan berbahan lokal sehingga dapat mengurangi tingkat konsumsi beras dan juga pangan impor (gandum).

"Diversifikasi pangan kami lakukan melalui pengembangan teknologi pangan olahan berbahan baku lokal yakni jagung, ubi kayu, dan sagu. Bentuk produknya adalah mi, makaroni dan beras analog," kata Listyani.

Program lainnya dalam rangka ketahanan pangan adalah peningkatan produksi pangan sumber protein hewani yaitu melalui pengembangan ikan nila unggul yang dapat dibudidayakan di perairan payau (tambak).

Ini dilakukan guna memanfaatkan tambak-tambak idle dan diharapkan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir.

"Pengembangan ikan nila ini juga diperluas dengan jenis ikan nila yang dapat dibudidayakan di laut (marine Tilapia) yang diharapkan akan dapat membantu mengatasi semakin menurunnya ketersediaan ikan laut seperti kakap," ujarnya.

Peternakan

Selain itu, dalam rangka mendukung peningkatan produksi daging, juga dikembangkan peternakan sapi yang terintegrasi dengan perkebunan dan industri kelapa sawit.

Kendala dalam diversifikasi pangan saat ini, menurut Listyani, produksi pangan olahan berbahan lokal masih terkendala harga yang belum bisa murah, seperti beras raskin karena skala produksinya masih kecil.

"Perlu dukungan pemegang kebijakan akan pengembangan pangan berbahan lokal, seperti memberi kesempatan pangan berbahan lokal menggantikan raskin untuk daerah-daerah dengan potensi bahan pangan lokal. Atau pemberian subsidi bagi usaha pengembangan pangan berbahan lokal.”

Masyarakat juga harus mulai belajar mengurangi konsumsi beras, dan mengalihkannya dengan mengonsumsi pangan nonberas yang bahan bakunya diproduksi di dalam negeri (bukan impor).

Indonesia sendiri sebenarnya kaya akan sagu dengan luas lahan sekitar 1,25 juta hektare (ha) dengan potensi produksi lebih dari 12 juta ton. Banyak juga pangan olahan yang dapat dihasilkan dari sagu, seperti mi dan camilan lainnya.

"Saya mengimbau untuk mencintai produk pangan lokal seperti sagu. Intinya, semua bentuk keberpihakan penuh pada pangan lokal merupakan sebuah keniscayaan. Slogan mencintai pangan lokal belum cukup, harus diikuti dengan konsumsi dan menjadikannya menu harian tiap keluarga," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper