Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Beberapa Kewenangan Unik Ratu Elizabeth II Yang Aneh dan Mengejutkan

Di antara kewenangan-kewenanganya tersebut sebagai kepala negara Inggris, ada beberapa kewenangan Ratu yang unik, mulai dari yang mengejutkan sampai yang benar-benar aneh. Yang paling terkenal adalah Ratu memiliki semua angsa di Sungai Thames.
Redaksi
Redaksi - Bisnis.com 22 Mei 2015  |  06:43 WIB
Ratu Elizabeth II - Eonline
Ratu Elizabeth II - Eonline

Kabar24.com, JAKARTA - Meskipun tidak memiliki kekuasaan mutlak atas Inggris, ternyata Ratu Elizabeth II memiliki beberapa hak prerogatif.

Perannya sebagai kepala negara Inggris hanya terbatas pada seremonial dan beberapa kewenangan, seperti pengumuman perang, mengatur pegawai negeri, dan perjanjian-perjanjian tetap pada tingkatan otoritasnya.

 

Ratu Elizabeth II juga kebal terhadap hukum, tidak ada undang-undang yang dapat menyentuhnya.



Di antara kewenangan-kewenanganya tersebut sebagai kepala negara Inggris, ada beberapa kewenangan Ratu yang unik, mulai dari yang mengejutkan sampai yang benar-benar aneh. Yang paling terkenal adalah Ratu memiliki semua angsa di Sungai Thames.

Secara teknis, semua angsa di semua perairan terbuka Inggris adalah milik Ratu, meskipun yang diumumkan oleh kerajaan hanya yang membentang di sepanjang Sungai Thames dan anak sungai di sekitarnya. Setiap tahun, diadakan festival angsa di Sungai Thames dalam rangka melakukan sensus terhadap jumlah angsa di sungai tersebut.

"Angsa juga diberi cek kesehatan dan diberi nomor identifikasi secara individu oleh Ratu," demikian situs Royal Family, seperti yang dilansir Business Insider.

Selain angsa, Ratu juga memiliki semua lumba-lumba yang berada di Inggris. Dalam undang-undang statuta 1324 yang diterbitkan pada masa Raja Edward II, ikan sturgeon, pesut, ikan paus, dan lumba-lumba diakui sebagai 'ikan kerajaan' dan masih berlaku hingga saat ini.

Ketika ada seseorang yang menangkap ikan-ikan tersebut tanpa izin dari pihak kerajaan, maka mereka akan ditangkap dan dihukum.

Selain kepemilikan atas hewan, Ratu juga memiliki kekuasaan untuk berkendaraan tanpa menggunakan surat izin mengemudi. Ratu pun tidak memiliki kartu tanda pengenal dan paspor, karena ia yang mengeluarkannya bagi orang lain.

Ratu Elizabeth II juga kebal terhadap hukum, tidak ada undang-undang yang dapat menyentuhnya. Ratu bebas pajak, namun sejak 1992, Ratu secara sukarela mulai membayar pajak atas keuntungan dari bisnisnya.

Ratu juga memiliki ATM pribadi atas namanya di kerajaan. Ia juga merayakan ulang tahunnya setiap hari Sabtu di bulan juni, walaupun ia lahir pada 21 April. Selain sebagai kepala negara, Ratu juga merupakan pemimpin Gereja Anglikan Inggris.

Sampai dengan 2011, Ratu masih memiliki wewenang untuk membubarkan parlemen Inggris dan menyerukan pemilu. Dan kekuasaan unik yang terakhir, yakni semua pemilik tanah di Inggris, wajib membayar upeti kepada Ratu.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kerajaan inggris

Sumber : Tempo.co

Editor : Yusran Yunus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top