Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENDAKI JATUH DI KAWAH MERAPI: Jalur Pendakian Ditutup Sementara

Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) menutup sementara jalur pendakian di Dukuh Plalangan, Desa Lencoh Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali Jawa Tengah, untuk memudahkan pencarian seorang pendaki yang jatuh ke kawah Gunung Merapi.

Kabar24.com, JAKARTA - Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) menutup sementara jalur pendakian di Dukuh Plalangan, Desa Lencoh Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali Jawa Tengah, untuk memudahkan pencarian seorang pendaki yang jatuh ke kawah Gunung Merapi.

Kepala Resort Selo BTNGM Boyolali, Suwiknya mengungkapkan jalur pendakian Desa Lencoh itu ditutup sementara sejak Sabtu (16/5) pukul 16.00 WIB.

"Kami menutup pendakian ini, untuk mensterilkan jalur guna mendukung evakuasi korban mahasiswa dari Universitas Atmajaya Yogyakarta Eri Yunanto (21) yang terpleset ke dalam kawah Merapi, pada Sabtu (167/5)," katanya.

Menurut Suwiknya, pihaknya akan membuka kembali jalur pendakian jika sudah memungkinkan. Jalur pendakian bisa dibuka kembali kemungkinan lima hari kedepan.

BTNGM juga sudah memasang rambu larangan mendaki di base camp Dukuh Plalangan sejak Sabtu petang (16/5).

Samsuri (40), petugas retribusi wisata pendakian BTNGM, mengatakan bahwa jumlah pendaki ke puncak Merapi musim liburan pekan ini mencapai sekitar 1.000 orang, naik sekitar 250 orang dibanding pekan sebelumnya.

Menyusul penutupan itu, 500 orang pendaki batal naik ke puncak Merapi.

"Kami telah mengembalikan uang retribusi seharga Rp17.500 per orang kepada 100 pendaki. Pendaki yang sudah membeli tiket untuk pendakian dikembalikan karena jalur telah ditutup," kata Samsuri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper