Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kepala Sekolah Diminta Aktif Wujudkan UN SMP Berintegritas

Persiapan menjelang Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Kepala Sekolah diminta berperan aktif dalam menyukseskan pelaksanaan UN berintegritas.
Yulianisa Sulistyoningrum
Yulianisa Sulistyoningrum - Bisnis.com 29 April 2015  |  15:19 WIB
Ujian Nasional 2015 - Antara
Ujian Nasional 2015 - Antara

Kabar24.com, JAKARTA-- Persiapan menjelang Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Kepala Sekolah diminta berperan aktif dalam menyukseskan pelaksanaan UN berintegritas.

Menurut Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Nizam, peran aktif Kepala Sekolah memberikan pengaruh besar terhadap keberhasilan pelaksanaan UN berintegritas yang akan dilaksanakan pada 4-7 Mei mendatang.

"Kepala sekolah harus selalu memberi arahan kepada guru serta siswanya untuk turut mengawasi jalannya ujian demi menyukseskan UN berintegritas," ujar Nizam saat dihubungi, Rabu (29/4/2015).

Persiapan jelang pelaksanaan UN tahun ini, setiap sekolah membuat POS Sekolah. POS tersebut merujuk pada POS yang ada di Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), untuk menyampaikan berbagai kebijakan pelaksanaan UN. Salah satu kebijakan yang disampaikan adalah kebijakan pemerintah meniadakan UN sebagai syarat kelulusan.

“(Melalui) POS Sekolah tersebut pun dapat melayani bimbingan konseling untuk siswa yang membutuhkan semangat secara mental jelang UN,” paparnya.

Untuk menggenjot semangat siswa dalam melaksanakan ujian, para guru juga diminta berperan aktif dalam memberika arahan dan bimbingan kepada siswanya untuk terus belajar dan melaksanakan ujian semaksimal mungkin. Walaupun kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bahwa hasil ujian nasional bukan merupakan syarat utama kelulusan siswa.

"Namun begitu butuh pengawasan ketat juga dari pihak sekolah serta masyarakat agar ujian tingkat SMP kali ini berjalan lancar. Untuk para siswa juga diharapkan kejujurannya untuk tidak memanfaatkan jika terjadi kebocoran soal," tuturnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pendidikan un smp
Editor : Andhina Wulandari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top