Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SBY Tidak Sepenuhnya Setuju Cara Jokowi Menangani Masalah Internasional

Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyatakan tak sepenuhnya setuju dengan cara Presiden Joko Widodo dalam menangani permasalahan hubungan internasional.
Hendri Tri Widi Asworo
Hendri Tri Widi Asworo - Bisnis.com 29 April 2015  |  21:31 WIB
Presiden Joko Widodo san Susilo Bambang Yudhoyono - Antara
Presiden Joko Widodo san Susilo Bambang Yudhoyono - Antara

Bisnis.com, JAKARTA— Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyatakan tak sepenuhnya setuju dengan cara Presiden Joko Widodo dalam menangani permasalahan hubungan internasional.

Hal itu disampaikan SBY melalui akun Twitter terkait dengan memanasnya hubungan Indonesia dengan sejumlah negara, salah satunya Australia, pasca eksekusi mati terpidana pengedar narkoba.

“Memang saya tak selalu setuju dengan cara-cara pemerintah menangani [handling] hubungan internasional, tetapi kita punya kedaulatan,” demikian tulis SBY dalam akun Twitter @SBYudhoyono, Rabu (29/4/2015).

Menurutnya, kebijakan atas hukuman mati harus dihormati, sebagaimana Indonesia menghormati kedaulatan negara lain. “Negara lain juga mesti menghormati kedaulatan dan sistem hukum kita.”

Dia mengutarakan selama 10 tahun pimpin Indonesia, dirinya mengaku berupaya keras untuk meningkatkan persahabatan dan kerja sama, sambil atasi masalah yang ada.

“Hasilnya nyata. Australia dukung penuh kedaulatan dan keutuhan wilayah kita, termasuk Papua. Kerja sama saling menguntungkan meningkat,” tuturnya.

Namun, dia menyadari sekali-kali ada isu yang mengganggu hubungan bilateral kedua negara, tetapi akhirnya dapat diatasi dan carikan solusinya.

SBY rencananya akan berkunjung ke Australia sebagai visiting professor di University of Western Australia dan enior fellow di US-Asia Centre.
Selain itu, tuturnya, dalam 5 hari kunjungan dirinya dijadwalkan untuk berikan pidato kunci di International Forum "In the Zone" tentang kerja sama Asia Pasifik.

“Tadinya saya berharap selama berada di Australia bisa mendiskusikan bagaimana hubungan yang terganggu saat ini bisa dipulihkan,” kata SBY.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sby
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top