Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gunung Sinabung Muntahkan Awan Panas, Warga Diminta Menjauh

Gunung Sinabung yang terletak di Dataran Tinggi Karo, Sumatra Utara, kembali dalam status siaga, warga sekitar diimbau untuk tidak beraktivitas terlalu dekat dengan puncak gunung.
Lavinda
Lavinda - Bisnis.com 29 April 2015  |  00:48 WIB
Gunung Sinabung mengeluarkan material vulkanik disertai awan panas, diamati dari Bukit Gundaling, Karo, Sumatra Utara, Rabu (1/4/2015). - Antara
Gunung Sinabung mengeluarkan material vulkanik disertai awan panas, diamati dari Bukit Gundaling, Karo, Sumatra Utara, Rabu (1/4/2015). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Gunung Sinabung yang terletak di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatra Utara, kembali dalam status siaga, warga sekitar diimbau untuk tidak beraktivitas terlalu dekat dengan puncak gunung.

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), menyampaikan aktivitas vulkanis di Gunung Sinabung masih tinggi, status gunung pun ditetapkan siaga.

“Masyarakat agar tidak beraktifitas dalam jarak 6 dan 5 km [kilometer] arah Selatan dan Tenggara, arah lainnya daerah bahaya dalam radius 3 km dari puncak Gunung Sinabung,” ujarnya dalam pesan singkat yang diterima Bisnis.com, Selasa (28/4/2015) malam.

Dia menjelaskan terjadi awan panas guguran mulai pukul 17.00 sampai 18.20 WIB. Jarak luncur awan panas diketahui sejauh 3 km - 4,5 km ke arah Selatan dan tinggi kolom abu vulkanik 2 km dari puncak Gunung Sinabung. 

Secara visual terlihat cuaca berawan, hujan, angin tenang sampai sedang ke barat daya Gunung Sinabung tertutup kabut.

Teramati enam kali awan panas guguran sejauh 3.000-4.000 meter ke Selatan, tinggi kolom abu vulkanik sekitar 2.000 meter. Terjadi hujan pukul 15.20-18.00 WIB dengan intensitas gerimis hingga deras.

Berdasarkan data Seismik, terjadi 15 kali gempa guguran, dua kali gempa hybrid, satu kali gempa vulkanik dalam, terekam tremor lahar hujan pada pukul 14.45 sampai 18.00 WIB, tremor vulkanik menerus. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gunung sinabung
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top