Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ABRAHAM SAMAD DITAHAN: KPK Akan Ajukan Penangguhan Penahanan

Setelah menjalani pemeriksaan hingga malam hari, Ketua KPK nonaktif Abraham Samad akhirnya dinyatakan ditahan oleh Polda Sulselbar.
Ketua KPK nonaktif Abraham Samad/Antara
Ketua KPK nonaktif Abraham Samad/Antara

Kabar24.com, JAKARTA -- Setelah menjalani pemeriksaan hingga malam hari, Ketua KPK nonaktif Abraham Samad akhirnya dinyatakan ditahan oleh Polda Sulselbar.

Menanggapi penahanan Abraham Samad, Plt. pimpinan KPK Indriyanto Seno Adjie menyatakan bahwa KPK akan mengajukan permohonan penangguhan penahanan.

Namun, tambah Indriyanto dalam pesan tertulisnya, sejauh ini pimpinan KPK belum melakukan rapat untuk membahas kondisi terakhir Abraham Samad.

Sementara itu, seperti dikutip dari Antara, penyidik Ditreskrimum Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dan Barat memeriksa Ketua KPK non-aktif Abraham Samad dari siang hingga malam.

Pemeriksaan Abraham Samad sebagai tersangka kasus dugaan pemalsuan dokumen kependudukan bersama tersangka Feriyani Lim. Pemeriksaan dimulai sekitar pukul 14.00 Wita dan berlangsung hingga pukul 19.00 Wita di Makassar, Selasa (28/4/2015).

Direktur Ditreskrimum Polda Sulselbar, Kombes Joko Hartanto menyatakan untuk materi pemeriksaan yang kedua terhadap Abraham Samad itu tentang pembuktian keaslian dokumen.

"Untuk materi pemeriksaan tentu berhubungan dengan pembuktian dokumen. Soal berapa pertanyaan dalam pemeriksaan, bisa 20, 30 hingga 50 pertanyaan," katanya sebelum pemeriksaan.

Terkait kemungkinan melakukan penahanan terhadap AS, kata dia, belum bisa dipastikan karena pemeriksaan masih berjalan.

"Kita lihat dulu hasil pemeriksanaan. Kalau sudah diperiksa baru bisa kita putuskan apakah ditahan atau tidak," katanya.

Selain itu, Mapolda Sulselbar juga telah menyiapkan tim medis dalam pemeriksaan yang bersangkutan.

Tim kesehatan itu, kata dia, sengaja disiapkan sebagai bentuk antisipasi gangguan kesehatan yang mungkin dialami Abraham Samad.

Apalagi saat pemeriksaan sebelumnya Selasa (24/2) lalu, Abraham mengalami gangguan maag saat menjalani pemeriksaan perdana di gedung Ditreskrimum Polda Sulselbar.

"Untuk mengantisipasi adanya gangguan kesehatan pada Abraham Samad, sebagaimana pada pemeriksaan pertama, Samad akan diperiksa penyidik yang dipimpin perwira berpangkat Kompol," katanya.

Sementara itu, Abraham Samad sebelum pemeriksaan menyatakan siap menjalani proses pemeriksaan dan menerima hasil dari pemeriksaan lanjutan di kantor Reskrim Polda Sulselbar.

Ia mengatakan, mengenai persiapan pemeriksaan dirinya bersama tim hukum telah melakukan diskusi terkait hasil yang akan dikeluarkan kepolisian menyangkut kasus yang menimpa dirinya.

"Persiapannya normatif saja, kita diskusi dengan tim lawyer, memberi masukan dan lainnya. Yang jelas hari ini kita akan memenuhi panggilan Polda sulsel untuk menghadiri pemeriksaan lanjutan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Sumber : Antara/TVOne
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper