Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kapolri: Serikat Buruh Sepakat May Day Tak Ada Sweeping

Sejumlah organisasi serikat pekerja bertemu dengan Kepala Kepolisian RI Jenderal Badrodin Haiti untuk berkoordinasi persiapan aksi hari buruh sedunia, Jumat, 1 Mei nanti.
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 27 April 2015  |  15:24 WIB
Demo buruh - Ilustrasi
Demo buruh - Ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA - Sejumlah organisasi serikat pekerja bertemu dengan Kepala Kepolisian RI Jenderal Badrodin Haiti untuk berkoordinasi persiapan aksi hari buruh sedunia, Jumat, 1 Mei nanti.

"Hari ini rapat koordinasi dengan pimpinan serikat pekerja. Semua hadir rencana peringatan May Day 1 Mei," kata Kapolri Jenderal Badrodin Haiti di gedung Rupatama Mabes Polri, Senin (27/4/2015).

Dia mengatakan pada aksi nanti buruh akan berkumpul di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, sebagaimana pada tahun sebelumnya. 

Badrodin mengatakan sejumlah organisasi buruh berkomitmen untuk tidak sweeping, penutupan jalan tol dan perusakan sejumlah fasilitas umum. "Tindak lanjut dari komitmen ini akan dilanjutkan dengan rapat teknis. Dari polisi siap terjunkan sebanyak mungkin," katanya.

Badrodin menambahkan jika ada pelanggaran hukum, maka pihaknya tak segan-segan akan menindak. "Jika ada komitmen dilanggar hukum tentu kami tindak. Internal buruh juga agar menyiapkan pengamanan internal," katanya.

Presiden Konfenderasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPI) Said Ikbal, mengungkapkan pihaknya akan siap melaksanakan komitmen tersebut. Namun, pihaknya juga meminta agar tak ada penyekatan saat aksi nanti.

"Kita percaya buruh bisa lakukan komitmen itu," katanya.

Dalam pertemuan itu hadir sejumlah organisasi serikat pekerja antara lain Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Serikat Buruh Transportasi Perjuangan Indonesia (FSBTPI), dan Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI).

Dalam aksinya nanti mereka mengklaim akan mengerahkan masa sebanyak 170.000 buruh yang terkonsentrasi di Ibu Kota.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polri may day
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top