Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Harapkan Penurunan Tarif Masuk Produk Indonesia di Madagaskar

Presiden Joko Widodo berharap tarif produk-produk asal Indonesia di Madagaskar dapat mengalami penurunan terutama untuk crude Palm Oil (CPO), sabun dan kertas.nn
Ropesta Sitorus
Ropesta Sitorus - Bisnis.com 24 April 2015  |  00:55 WIB
Tandan buah segar - Bisnis.com
Tandan buah segar - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo berharap tarif produk-produk asal Indonesia di Madagaskar dapat mengalami penurunan terutama untuk  crude Palm Oil (CPO), sabun dan kertas.

Hal ini disampaikan Jokowi dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Madagaskar, Hery Rajaonarimampianina di sela sela kegiatan Peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika di Jakarta, Kamis (23/4/2015).

Kementerian Luar Negeri, dalam keterangan resminya, Kamis (23/4/2015), menyatakan sekitar 60% penduduk Madagaskar adalah keturunan Indonesia dan sangat meminati consumer goods Indonesia, yaitu tekstil, kertas (kertas fotokopi dan karton manila), makanan serta furniture.

Terdapat sekitar 2000 produk Indonesia yang telah masuk ke pasar Madagaskar. RI saat ini merupakan mitra dagang terbesar ke-2 Madagaskar di Asia Tenggara.

Perdagangan kedua negara terus bertambah dengan nilai total mencapai US$66.165 juta pada 2014. Peningkatan rata rata selama 5 tahun terakhir (2010-2014) sebesar 3% per tahun.

Selain itu, kedua kepala negara juga membahas rencana Madagaskar untuk pembelian pesawat dan kapal penumpang buatan Indonesia dan rencana Indonesia untuk memberikan beasiswa bagi pelajar Madagaskar.

"Dalam pertemuan, Presiden RI juga menyambut baik rencana pembukaan Kedutaan Besar Madagaskar di Jakarta yang diharapkan dapat mempererat hubungan kerja sama kedua negara," tulis Kemlu.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perdagangan madagaskar
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top