Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kekurangan Penduduk, Mahakam Ulu Minta Jadi Tujuan Transmigrasi

Satu kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Timur menyatakan keinginannya untuk menampung para transmigran dari Pulau Jawa. Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu menawarkan berbagai fasilitas seperti lahan pertanian yang siap digarap oleh para pendatang.
M. Taufiqur Rahman
M. Taufiqur Rahman - Bisnis.com 23 April 2015  |  14:31 WIB

Bisnis.com, SAMARINDA—Satu kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Timur menyatakan keinginannya untuk menampung para transmigran dari Pulau Jawa. Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu menawarkan berbagai fasilitas seperti lahan pertanian yang siap digarap oleh para pendatang.

Penjabat Bupati Mahakam Ulu Frederik Bid mengatakan potensi pertanian yang ada di wilayahnya sangat besar, namun potensi ini sulit dikembangkan karena minimnya jumlah penduduk yang bermukim disana.

Untuk itu, katanya, pihaknya mendorong agar program transmigrasi tetap diadakan dan wilayahnya menjadi salah satu daerah tujuan program tersebut. Dia berjanji bakal membuka kesempatan yang sebesar-besarnya kepada pendatang untuk bermukim dan menetap di wilayahnya tersebut. , sebab saat ini

“Wilayah kan perbatasan, manusianya kurang. Karena itu kami perlu masyarakat Jawa untuk kelola lahan yang ada disini,” katanya usai pelantikan Penjabat Bupati Mahakam Ulu, Kamis (23/4/2015).

Frederick mengungkapkan para pendatang dari Jawa tersebut bakal mendorong perekonomian masyarakat setempat. Sebab, para pendatang ini bakal menetap dan berbaur dengan masyarakat setempat.

“Artinya akan ada transfer teknologi, ilmu pengetahuan dan sebagainya dari masyarakat Jawa ke penduduk lokal,” sebutnya.

Pihaknya menjamin akan memberikan perlakuan yang sama baik kepada para pendatang dari Jawa maupun kepada masyarakat asli daerah itu. Pihaknya akan berlaku adil dan tidak akan membeda-bedakan.

“Kami akan melindungi semua, saya jamin itu,” pungkasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transmigrasi
Editor : Bastanul Siregar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top