Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SETARA INSTITUTE: Ngotot Calonkan BG Wakapolri, Polisi Tak Paham Birokrasi Modern

dalih bahwa pengusulan wakil kepala Polri adalah urusan internal Polri yang tidak bisa diganggu gugat mencerminkan ketidaktahuan petinggi polisi akan transparansi dan birokrasi modern.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 22 April 2015  |  09:42 WIB
Komjen Pol Budi Gunawan - Antara
Komjen Pol Budi Gunawan - Antara

Kabar24.com, JAKARTA -- Sikap ngotot petinggi Polri menempatkan Komjen Budi Gunawan sebagai calon Wakapolri mendapat sorotan negatif.

Wakil Ketua Setara Institute Bonar Tigor Naipospos menilai dalih bahwa pengusulan wakil kepala Polri adalah urusan internal Polri yang tidak bisa diganggu gugat mencerminkan ketidaktahuan petinggi polisi akan transparansi dan birokrasi modern.

"Dalam sebuah negara, tidak ada institusi yang tidak bertanggung jawab kepada publik. Institusi kepolisian dibiayai oleh pajak yang berasal dari warga negara," kata Bonar Tigor Naipospos dihubungi di Jakarta, Rabu (22/4/2015).

Menurut Bonar, meskipun pengusulan Komjen Polisi Budi Gunawan sebagai wakapolri dirancang seolah-olah merupakan usulan Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) Polri, tetapi publik tidak akan terkecoh dan mengetahui bahwa ada kompromi politik yang melatarbelakanginya.

Bonar menilai pengusulan Budi Gunawan merupakan kompromi politik antara Presiden Joko Widodo dengan PDI Perjuangan sekaligus untuk meredakan ketegangan antara keduanya yang sempat muncul.

"Hal itu terlihat ketika ada pertemuan konsultasi DPR dengan Presiden beberapa waktu lalu sehingga tidak heran apabila hal itu juga didukung oleh sejumlah partai politik," tuturnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wakapolri komjen budi gunawan

Sumber : Antara

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top