Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Accor Inisiatif Gerakan Hijau

Accor terus melakukan program Planet 21 yang jatuh pada tanggal 21 April atau Planet 21 Day.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Accor terus melakukan program Planet 21 yang jatuh pada tanggal 21 April atau “Planet 21 Day”.

Program terebut yakni membangunan kelanjutan global dengan tujuan yang terukur dalam tujuh pilar kegiatan terkait sosial, lingkungan dan masyarakat: Kesehatan, Alam, Karbon, Inovasi, Pengembangan Lokal, Lapangan Kerja dan Dialog.

Komitmen terhadap pembangunan berkelanjutan ini mulai pada tahun 1994 ketika Accor membentuk departemen lingkungan untuk mengurangi dampak terhadap lingkungan.

 Chief Operating Officer, Accor Malaysia-Indonesia-Singapore Gerard Guillouet mengatakan lebih dari 630 hotel di Asia Pasifik, Accor merupakan operator hotel internasional terbesar di Asia Pasifik dan memiliki komitmen jangka panjang terhadap pembangunan yang bertanggung jawab di lebih dari 19 negara.

Daur ulang sampah telah dilakukan oleh 86% hotel-hotel di jaringan Accor, dan 93% hotel-hotel Accor melarang menu spesies laut yang terancam punah, seperti sirip ikan hiu. Pada tahun 2015, seluruh hotel-hotel Accor akan melarang menu spesies laut yang terancam punah tersebut.

“Planet 21 telah menjadi strategi Accor untuk meminimalkan dampak lingkungan dan memaksimalkan kontribusi sosial yang melibatkan seluruh jenjang dalam kegiatan operasional hotel. Accor terus menujukkan kepemimpinannya dalam pembangunan berkelanjutan bahkan terus berkembang di Asia Pasifik,” katanya.

Dari aspek kesehatan, paparnya, 97% hotel-hotel Accor di Asia Pasifik menggunakan produk eco-labelled untuk mencegah penyakit dan mengurangi dampak terhadap lingkungan, dan 89% hotel-hotel Accor menyelenggarakan pelatihan pencegahan penyakit bagi para karyawan.

Terdapat peningkatan signifikan untuk penyediaan makanan dan minuman yang sehat dan berimbang, yaitu 97% hotel-hotel Accor menawakan pilihan menu sehat (meningkat dari sebelumnya 87% pada tahun 2013, melampaui target 80%) dan 87% hotel-hotel Accor mempromosikan produk-produk lokal (meningkat dari sebelumnya 82%, melampaui target 70%). 

Di Indonesia, ujarnya, hampir 100% hotel-hotel Accor di 25 kota di seluruh Indonesia mencapai kategori Bronze dengan beberapa hotel bahkan mencapai kategori Platinum, antara lain: Novotel Bali Benoa, Novotel Lombok, Novotel Semarang, Novotel Bandung, Novotel Jakarta Mangga Dua Square, Novotel Lampung, ibis Jakarta Slipi dan ibis Bandung Trans Studio.

Dia mengatakan pencapaian secara global Accor di tahun 2014 adalah menghemat konsumsi air hingga 5,6% dan menghemat 4,5% konsumsi energi dan mengurangi 3,8% emisi CO2 sejak tahun 2011. Lalu, hampir 90% hotel-hotel Accor mendaur ulang kembali sampah hotel.

“Kami juga memiliki program “Plant For The Planet” yaitu menanam lebih dari 150 pohon di 21 negara,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Atiqa Hanum
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper