Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KONGRES PARTAI DEMOKRAT: Bakal Terganggu Oleh Somasi 4 DPC

Ketua DPP Partai Demokrat Hinca Panjaitan menilai, somasi yang dilayangkan beberapa kader partainya merupakan bentuk usaha mengganggu kongres partai tersebut pada Mei 2015.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 21 April 2015  |  17:28 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. - Antara
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA  -  Ketua DPP Partai Demokrat Hinca Panjaitan menilai, somasi yang dilayangkan beberapa kader partainya merupakan bentuk usaha mengganggu kongres partai tersebut pada Mei 2015.

"Saya menilai motifnya mencoba mengganggu kongres dan bermaksud memecah belah partai," katanya di Jakarta, Selasa (21/4/2015).

Dia menjelaskan, somasi yang dilakukan kader Demokrat sudah kedaluwarsa, tidak bermakna, dan hanya mencari sensasi.

Menurut dia, persoalan pergantian pengurus partai di daerah sudah selesai dan tidak ada persoalan.

"Persoalan itu sudah selesai secara administratif internal partai sehingga tidak ada persoalan," ujarnya.

Dia menjelaskan, para kader yang melakukan somasi diberikan sanksi oleh partai karena kesalahan fatal yang telah dilakukan.

Menurut dia, kader tersebut melanggar aturan partai yang berakibat dijatuhkan hukuman pemecatatan namun dirinya enggan menjelaskan jenis pelanggaran tersebut.

"Pascamereka dipecat karena melakukan pelanggaran maka diangkatlah Pelaksana Tugas untuk menggantikan mereka," ujarnya.

Hinca menegaskan kasus itu sederhana dan sudah selesai di internal organisasi partai sehingga somasi itu salah sasaran dan tidak mempunyai makna hukum apapun.

Dia mengatakan, DPP Partai Demokrat tidak akan melayani somasi yang diajukan kadernya tersebut karena sudah tidak ada relevansinya dengan organisasi.

"DPP Demokrat tidak melayaninya lagi, karena sudah tidak ada relevansinya dengan organisasi dan sudah dijawab somasi itu. Jadi sudah kami anggap selesai," katanya.

Sebelumnya, DPP Partai Demokrat disomasi oleh kadernya sendiri yaitu tiga pimpinan Demokrat tingkat kabupaten/kota yang mempertanyakan alasan pencopotan jabatan sehingga terancam kehilangan hak suara dalam Kongres Partai Demokrat pada 8-11 Mei mendatang.

Ketiga pimpinan Demokrat yang melayangkan somasi itu adalah Dendy Kukuh Santoso (sebelumnya Ketua DPC Partai Demokrat Kota Pasuruan), Dadik Risdaryanto (sebelumnya Ketua DPC Partai Demokrat Kota Surabaya), dan Basuki sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Nganjuk.

Ketiganya dicopot dari jabatannya dan diganti oleh pelaksana tugas pada akhir Agustus 2014 melalui SK yang ditandatangani oleh Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan serta Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sby partai demokrat

Sumber : Antara

Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top