Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KEBIJAKAN HILIRISASI: Dua Tahun Lagi Dongkrak Ekspor

Kepala Staf Kepresidenan Luhut Binsar Panjaitan menegaskan kebijakan pemerintah untuk mendorong hilirisasi akan mulai dirasakan dampaknya dalam jangka waktu satu setengah hingga dua tahun mendatang.
Farodlilah Muqoddam
Farodlilah Muqoddam - Bisnis.com 18 April 2015  |  22:11 WIB
 Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Kepala Staf Kepresidenan Luhut Binsar Panjaitan menegaskan kebijakan pemerintah untuk mendorong hilirisasi akan mulai dirasakan dampaknya dalam jangka waktu satu setengah hingga dua tahun mendatang.

Menurutnya, kebijakan hilirisasi akan membantu menaikkan nilai tambah produk-produk berbasis sumber daya alam di Indonesia. Hilirisasi juga akan menyerap tenaga kerja.

“Pemerintah tidak akan mundur dari kebijakan hilirisasi. Akan dirasakan manfaatnya sekitar 2 tahun mendatang,” ujarnya, Sabtu (18/4/2015).

Luhut mengakui dalam jangka pendek kebijakan hilirisasi berakibat memukul performa ekspor Indonesia, sebab ekspor bahan mentah dilarang. Namun, dalam jangka panjang kebijakan tersebut justru akan meningkatkan nilai ekspor karena meningkatnya nilai tambah barang-barang berbasis komoditas.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan sepanjang Januari-Maret 2015, pengapalan tercatat senilai US$39,1 miliar, turun 11,7% dari posisi pada periode sama tahun lalu. Tidak hanya komoditas primer, performa ekspor barang manufaktur juga lebih buruk dibandingkan dengan setahun lalu.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekspor hilirisasi Luhut Pandjaitan
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top