Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Siap Ekspor Teh & Kopi ke Polandia

Indonesia dalam waktu dekat akan mengekspor sejumlah varietas unggul teh dan kopi ke Polandia, menyusul ungkapan ketertarikan negara itu pada produk-produk pertanian dalam negeri.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia dalam waktu dekat akan mengekspor sejumlah varietas unggul teh dan kopi ke Polandia, menyusul ungkapan ketertarikan negara itu pada produk-produk pertanian dalam negeri.

Direktur Jenderal Pemasaran dan Pengolahan Hasil Pertanian Kementerian Pertanian, Emilia Harahap  menyampaikan Polandia telah berkomitmen membuka keran impor masuk untuk beberapa varietas teh dan kopi Indonesia.

“Tadi yang mereka [delegasi Polandia] sebut itu mereka tertarik dengan kopi organik, kopi luwak, kopi bali, white tea,” jelas Emilia selepas pertemuan dengan Wakil Menteri Pertanian Polandia, Grazyna Henclewska, di lingkungan Kementerian Pertanian di Jakarta, Jumat (17/4/2015).

Pada pertemuan tersebut,  Emilia mengaku PTPN 8 pun telah menyatakan secara khusus kesiapannya untuk menggenjot produksi komoditas tersebut. kendati demikian, Emilia mengaku belum memperhitungkan berapa potensi nilai ekspor.

“Nanti diskusinya akan diselesaikan pada Mei mendatang. Mendag kita akan ke Polandia bulan depan, sudah saya titipkan [pembahasan ekspor kopi dan teh], ini kesempatan buat kita,” jelas Emilia.

Dalam pertemuan tersebut, Henclewska juga mengungkapkan keinginannya untuk memasukkan produk dairy yaitu susu ke Indonesia. Emilia mengungkapkan delegasi Polandia bahkan telah mengundang inspection team (tim inspeksi) untuk mengecek produksi susu di Polandia.

Dalam kesempatan yang sama, Emilia menyampaikan pihak Kemtan pun mengajak Polandia untuk melakukan join investment untuk memproduksi alat-alat pertanian, mengingat kualitas alat pertaniian di Polandia cukup bagus.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper