Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Layanan Keimigrasian WNI di Taipei Makin Mudah

Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei meluncurkan program bernama KDEI Mobile servis yang bertujuan mempermudah urusan keimigrasian WNI yang berada di kawasan tersebut.
Ilustrasi
Ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA – Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei meluncurkan program bernama KDEI Mobile servis yang bertujuan mempermudah urusan keimigrasian WNI yang berada di kawasan tersebut.

KDEI Taipei selama ini melayani beragam layanan bagi warga Indonesia dalam mengurus prosedur seperti keimigrasian, kekonsuleran, dan ketenagakerjaan. Pada akhir Maret silam, peluncuran KDEI Mobile Service yang diadakan di Toko Indonesia AKUI diserbu WNI mulai dari para pekerja, mahasiswa, dan TKI.

"Kami ingin lebih mendekatkan pelayanan kepada WNI yang bekerja di Taiwan," tutur Kepala KDEI Taipei Arief Fadillah.

Bagi Arief, program ini juga mampu memperluas cakupan pelayanan. KDEI Mobil Service digelar kali pertama Februari 2014 dan mendapat sambutan positif.

"Kegiatan ini kami lakukan setiap bulan agar WNI makin mudah mengurus berbagai dokumen keimigrasian, termasuk konsultasi beragam masalah," tuturnya.

Urusan mengganti paspor mahasiswa dan TKI kini tak repot lagi. Sosialisasi prosedur permohonan dan penggantian paspor terhadap mahasiswa dan TKI beserta rincian biaya resmi menjadi makin sering dilakukan.

Di bagian layanan kekonsuleran (legalisasi dokumen kanselerai), program ini makin banyak peminat. Sebanyak 120 dokumen ketenagakerjaan dari berbagai agensi yang tergabung dalam asosiasi di Taichung dan Kaohsiung dapat diselesaikan dengan lebih cepat.

Para agensi umumnya mengurus legalisasi dokumen perjanjian kerjasama penempatan antara agensi dan pelaksana penempatan TKI swasta (PPTKIS). Masalah TKI juga beragam dan menjadi prioritas termasuk konsultasi seputar sistem penghitungan gaji dan lembur, bantuan pengiriman uang WNI yang dipenjara kepada pihak keluarga, potongan pembiayaan selama di Taiwan, dan kasus penipuan penempatan TKI.

Di luar pekerjaan, urusan lainnya juga ditangani, seperti legalisasi surat kuasa pengurusan KPR, hingga legalisasi surat kuasa cerai.

"Khusus masalah legalisasi cerai diselesaikan secara langsung atau one day service," kata Arief. Yang unik, layanan konsultasi seputar pernikahan sesama WNI juga dilayani dengan baik.

Sebelum hari H, informasi seputar layanan ini telah disebarluaskan agar diketahui oleh seluruh WNI di Taiwan.

“KDEI Mobile Service telah diberitakan melalui media sosial, situs resmi KDEI Taipei, satuan tugas ketenagakerjaan, dan jaringan toko-toko Indonesia di sejumlah kawasan yang merupakan kantong-kantong TKI,” pungkas Arief.

Catat gelaran KDEI Mobile Service berikutnya, yakni pada 26 April 2015 di Toko Maju Kamto di kawasan North District, Tainan City. Melengkapi layanan mobile service, sejak Desember silam, KDEI Taipei juga menggelar KDEI Sunday Service dua kali setiap bulan. Jadi, untuk urusan imigrasi dan dokumen para TKI, kini para WNI di Taipei boleh tersenyum lebih lebar.

Selain mobile service, dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kepada warga, sejak Januari 2015, KDEI juga membuka kantor dengan memberikan pelayanan kekonsuleran dan keimigrasian pada hari minggu pertama dan ketiga setiap bulannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Avisena
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper