Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sebanyak 269 Pilkada Serentak Mulai 9 Desember Tahun Ini

Ketua Komisi II DPR, Rambe Kamarulzaman menegaskan bahwa Pilkada serentak untuk 269 daerah akan dimulai pada 9 Desember tahun ini, sedangkan pendaftaran calon kepala daerah dimulai 26 Juli mendatang.

Kabar24.com, JAKARTA--Ketua Komisi II DPR, Rambe Kamarulzaman menegaskan bahwa Pilkada serentak untuk 269 daerah akan dimulai pada 9 Desember tahun ini,  sedangkan pendaftaran calon kepala daerah dimulai 26 Juli mendatang.

“Penjadwalan Pilkada serentak sudah disepakati untuk tanggal 9 Desember 2015. Sebanyak 269 Pilkada akan digelar serentak,” ujar Rambe dalam diskusi  Empat Pilar MPR dengan tema “Pilkada serentak” bersama peneliti politik LIPI Siti Zuhro di Gedung MPR, Senin (13/4/2015).

Dia menambahkan bahwa pemeriksaan pemberkasan mulai dari masalah ijazah, daftar kekayaan, dan administrasi lainnya dimulai pada Agustus.

Menurutnya, para calon kepala daerah yang akan bersaing harus diusung oleh parpol maupun gabungan parpol.

Selain itu calon independen juga dibilehkan maju asal memenuhi syarat yang telah ditetapkan. Sedangkan pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU) dibuka pada tanggal 26, 27, dan 28 Juli, atau sekitar tiga haris setelah Hari Raya Idul Fitru 1436 H.

Sementara itu, Siti Zuhro mengatakan bahwa Pilkada yang sudah dilakukan lebih dari 1.000 kali selama ini harus menjadi pelajaran berarti bagi bangsa Indonesia.

Dia menegaskan bahwa memilih pemimpin harus berdasarkan kompetensi, kapasitas, moral, dan bukan karena uang.

Menurut peneliti senior itu , pelaksanaan Pilkada selama ini cenderung negatif akibat transaksional dan menghalalkan segala cara.

“Bayangkan dari 346 kepala daerah yang dipilih langsung sebanyak 11,45 % tersangkut kasus hukum. Sebanyak 524 kepala daerah mengalami konflik antara kepala dan wakil kepala daerah. Karena itu, pemilih itu harus cerdas dan pilihannya harus bisa dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper