Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sebanyak 269 Pilkada Serentak Mulai 9 Desember Tahun Ini

Ketua Komisi II DPR, Rambe Kamarulzaman menegaskan bahwa Pilkada serentak untuk 269 daerah akan dimulai pada 9 Desember tahun ini, sedangkan pendaftaran calon kepala daerah dimulai 26 Juli mendatang.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 13 April 2015  |  19:00 WIB

Kabar24.com, JAKARTA--Ketua Komisi II DPR, Rambe Kamarulzaman menegaskan bahwa Pilkada serentak untuk 269 daerah akan dimulai pada 9 Desember tahun ini,  sedangkan pendaftaran calon kepala daerah dimulai 26 Juli mendatang.

“Penjadwalan Pilkada serentak sudah disepakati untuk tanggal 9 Desember 2015. Sebanyak 269 Pilkada akan digelar serentak,” ujar Rambe dalam diskusi  Empat Pilar MPR dengan tema “Pilkada serentak” bersama peneliti politik LIPI Siti Zuhro di Gedung MPR, Senin (13/4/2015).

Dia menambahkan bahwa pemeriksaan pemberkasan mulai dari masalah ijazah, daftar kekayaan, dan administrasi lainnya dimulai pada Agustus.

Menurutnya, para calon kepala daerah yang akan bersaing harus diusung oleh parpol maupun gabungan parpol.

Selain itu calon independen juga dibilehkan maju asal memenuhi syarat yang telah ditetapkan. Sedangkan pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU) dibuka pada tanggal 26, 27, dan 28 Juli, atau sekitar tiga haris setelah Hari Raya Idul Fitru 1436 H.

Sementara itu, Siti Zuhro mengatakan bahwa Pilkada yang sudah dilakukan lebih dari 1.000 kali selama ini harus menjadi pelajaran berarti bagi bangsa Indonesia.

Dia menegaskan bahwa memilih pemimpin harus berdasarkan kompetensi, kapasitas, moral, dan bukan karena uang.

Menurut peneliti senior itu , pelaksanaan Pilkada selama ini cenderung negatif akibat transaksional dan menghalalkan segala cara.

“Bayangkan dari 346 kepala daerah yang dipilih langsung sebanyak 11,45 % tersangkut kasus hukum. Sebanyak 524 kepala daerah mengalami konflik antara kepala dan wakil kepala daerah. Karena itu, pemilih itu harus cerdas dan pilihannya harus bisa dipertanggungjawabkan,” ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dpr Pilkada Serentak
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top