Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Segera Tanggulangi Bencana Longsor Ciregol, Brebes

Pemerintah mulai pagi ini, Minggu (12/4/2015), tengah melakukan tanggap darurat atas longsor yang terjadi di jalan nasional Tegal-Purwokerto di Ciregol, Desa Kuta Mendala, Kecamatan Tonjong, Brebes pada Sabtu sore kemarin.
Emanuel B. Caesario
Emanuel B. Caesario - Bisnis.com 12 April 2015  |  12:49 WIB
Longsor Ciregol Brebes
Longsor Ciregol Brebes

Kabar24.com, JAKARTA— Pemerintah mulai pagi ini, Minggu (12/4/2015), tengah melakukan tanggap darurat atas longsor yang terjadi di jalan nasional Tegal-Purwokerto di Ciregol, Desa Kuta Mendala, Kecamatan Tonjong, Brebes pada Sabtu sore kemarin.

Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Djoko Mursito mengatakan pagi ini pihaknya telah mengerahkan petugas lapangan, berikut 2 excavator yang sudah ada di lapangan. Satu dozer lagi tengah didatangkan dari Semarang.

“Petugas di lapangan sudah kami minta untuk turunkan excavator, pelaksanaan pengeprasannya sendiri memakan waktu 7 hari,” katanya dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Minggu (12/4/2015).

Djoko menghimbau agar kendaraan kecil dapat melalui jalan kabupaten sebagai jalan alternatif, sedangkan kendaraan besar bisa melalui Parakan-Wonosobo-Banjarnegara-Purwokerto-Wangon-Perbatansan Jabar.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V Ditjen Bina Marga Kementerian PU-Pera Hedi Rahadian menyatakan saat ini jalan tesebut ditutup sambil dilakukan evaluasi. Untuk pengaprasan tebing, Hedi mengatakan masih ada sedikit kendala dengan pemilik lahan. Solusinya sedang diusahakan segera.

“Daerah longsor akan distabilkan berdasarkan evaluasi teknis yang kini sedang dilakukan, sedangkan solusi permanen relokasi jalan kami menunggu kesiapan lahan yang pembebasannya dibantu pemerintah kabupaten Brebes,” katanya.

Jalan naional yang menghubungkan wilayah Pantura dengan selatan Jawa Tengah tersebut amblas pada kilometer 115+900, atau di tebing Sungai Pedes yang juga longsor pada Februari lalu.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

longsor
Editor : Andhina Wulandari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top