Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

UJIAN NASIONAL 2015: Tips Lulus Ujian dari Menteri Anies

Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Anies Baswedan, membocorkan kiat bagi para siswa yang bakal menghadapi ujian nasional (UN).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 10 April 2015  |  10:15 WIB
UJIAN NASIONAL 2015: Tips Lulus Ujian dari Menteri Anies
Anies Baswedan - Antara
Bagikan

Kabar24.com, JAKARTA-- Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Anies Baswedan, membocorkan kiat bagi para siswa yang bakal menghadapi ujian nasional (UN).

Menurut dia, sisa waktu yang kurang dari sepekan itu harus dihadapi dengan strategi yang tepat.

"Kerja kerasnya harus dibatasi hingga H-1," kata Anies, Kamis (9/4/2015).

Jadwal UN untuk siswa sekolah menengah atas bakal digelar pada 13-15 April 2015. Panitia pelaksana sudah mendistribusikan sebagian naskah ujian untuk sekolah yang belum menerapkan ujian berbasis komputer, khususnya daerah terpencil.

Anies menjelaskan, para peserta didik hendaknya menggunakan sisa waktu untuk mempelajari kembali materi pelajaran.

"Jangan menggunakan sistem SKS alias sistem kebut semalam. Kalau begitu caranya, paginya nanti bisa kecapekan dan gagal mengerjakan ujian dengan baik karena mengantuk," ujarnya.

Menurut Anies, para siswa hendaknya memiliki waktu istirahat yang cukup sebelum menghadapi ujian. Panduan yang ideal adalah tidur selama delapan jam.

"Biar keesokan paginya badan terasa lebih segar dan bisa mengerjakan soal dengan baik," katanya.

Selain anjuran tersebut, Anies juga mengingatkan para siswa, orangtua, dan pihak sekolah untuk tidak tergoda dengan bujukan pihak tertentu yang menjanjikan bocoran soal. Sebab, praktik itu bakal mempengaruhi peluang kelulusan mereka dalam proses seleksi ke jenjang perguruan tinggi.

"Indeks integritas sekolah akan dikeluarkan bersamaan dengan hasil UN. Jadi, sekolah yang indeks integritasnya tinggi akan diuntungkan ketika anak didiknya mendaftar ke universitas. Sebaliknya, sekolah dengan indeks integritas rendah akan merugikan siswa sekolah tersebut," ujar Anies.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ujian Nasional 2015

Sumber : Tempo.co

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top