Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dirjen HKI Gandeng Peritel dan Factory Outlet Berantas Barang Palsu

Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kementrian Hukum dan HAM berencana memperluas kerjasama sosialisasi pemberantasan barang palsu ke sejumlah peritel dan factory outlet.
Wan Ulfa Nur Zuhra
Wan Ulfa Nur Zuhra - Bisnis.com 10 April 2015  |  01:59 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kementrian Hukum dan HAM berencana memperluas kerjasama sosialisasi pemberantasan barang palsu ke sejumlah peritel dan factory outlet.

Dirjen HKI Kemenkumham Ahmad M. Ramli mengatakan langkah tersebut diambil karena kedua tempat ini juga menjadi tempat yang sering dikunjungi konsumen, selain pusat perbelanjaan besar seperti mal.

"Jadi kami tidak hanya berbicara dengan mal besar, tetapi juga toko ritel seperti minimarket. Ke depan kami akan kerja sama dengan Alfamart dan Indomaret," ungkapnya, Kamis (9/4).

Nantinya, jelas Ramli, di setiap toko ritel seperti Alfamart dan Indomaret ditempel stiker bebas barang palsu. Dengan demikian dipastikan bahwa petugas tidak akan memeriksa lagi karena minimarket sudah bekerja sama dalam memberantas barang palsu.

Saat ini, DJHKI bersama Masyarakat Anti Pemalsuan Indonesia (MIAP) dan Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) sedang menggelar program penghargaan yakni Indonesia Clean Mall Award (ICMA) 2015.

Ramli menjelaskan, program ini sebagai upaya untuk memberikan perlindungan yang baik kepada pelaku bisnis dan konsumen. Dalam hal ini pengelola Mal secara aktif mengedukasi konsumen untuk membeli produk asli.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hki
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top