Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Terjebak Konflik di Yaman, Pesawat TNI Evakuasi 110 WNI

Pesawat TNI Boeing 737-400 dikabarkan telah berhasil mengevakuasi sebanyak 110 warga negara Indonesia dari Yaman setelah berada di wilayah Arab Saudi, Sabtu (4/4/2015) lalu.
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 05 April 2015  |  21:42 WIB
Pengikut gerakan Houthi Syiah menaiki sebuah bulldozer yang mereka rebut dari polisi anti huru-hara di sepanjang jalan utama menuju bandara di Sanaa, Yaman. - Reuters
Pengikut gerakan Houthi Syiah menaiki sebuah bulldozer yang mereka rebut dari polisi anti huru-hara di sepanjang jalan utama menuju bandara di Sanaa, Yaman. - Reuters
 
Kabar24.com, JAKARTA - Pesawat TNI Boeing 737-400 dikabarkan telah berhasil mengevakuasi sebanyak 110 warga negara Indonesia dari Yaman setelah berada di wilayah Arab Saudi, Sabtu (4/4/2015) lalu.
 
Berdasarkan keterangan tertulis, Minggu (5/5/2015) dilaporkan, pesawat yang dipiloti oleh Letkol Penerbang I.G. Putu Setiadi itu bertolak dari Bandara Salalah, Oman menuju Bandara King Abdul Aziz, di kota Jizan, Arab Saudi tempat WNI berada. Kemudian pesawat membawa sejumlah WNI itu menuju Bandara Muskat, Oman.
 
Begitu tiba di Bandara Muskat, pukul 11:30 waktu setempat, rombongan langsung disambut Duta Besar RI untuk Yaman Wazid Fauzy beserta Atase Pertahanan.
 
"Ini merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada warganya, dan kenapa menggunakan pesawat TNI agar kalian juga merasakan bahwa TNI adalah bagian dari rakyat," kata Wazid.
 
"Sehingga kalian diharapkan semakin mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Tentara Nasional Indonesia."
 
Adapun WNI yang telah tiba di Muskat itu selanjutnya diterbangkan ke Tanah Air menggunakan penerbangan komersial menuju Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang Selatan untuk dipulangkan ke daerah masing-masing. Mereka pun dilaporkan sudah tiba di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang, pada Minggu (5/4/2015).
 
Selanjutnya, Tim satgas penyelamatan untuk pengangkutan Warga Negara Indonesia di Yaman kembali ke Salalah, Oman, untuk mengkoordinasikan misi berikutnya.
 
Sebelumnya, Pesawat TNI Boeing 737-400 A-7305 dari skuadron 17 diberangkatkan dari Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (2/4/2015), guna mengevakuasi WNI dari Yaman.
 
Sementara itu, tim satgas penyelamatan WNI sendiri berjumlah 22 personel, terdiri dari 12 kru pesawat, empat dari Satuan Bravo Pashkas, dua penerangan, dan tiga dari Kemenlu serta satu Supervisi dari Mabes TNI yaitu I.G. Putu Setiadi.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

yaman
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top