Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

GERHANA BULAN 4 APRIL: Ini Waktu Terbaik Untuk Melihat

GERHANA BULAN 4 APRIL: Ini Waktu Terbaik Untuk Melihat
Newswire
Newswire - Bisnis.com 03 April 2015  |  14:52 WIB
Ilustrasi - www.space.com
Ilustrasi - www.space.com

Kabar24.com, JAKARTA - Gerhana bulan total akan terjadi pada akhir pekan ini, tepatnya pada, Sabtu, 4 April 2015. Tak seperti gerhana matahari, gerhana bulan dapat diamati di seluruh wilayah di Indonesia dengan mata telanjang.

Peneliti Pusat Obersvatorium Bosscha Bandung, Evan Irawan, mengatakan gerhana bulan akan mulai terjadi sejak pukul 17.15 WIB. Tapi, kata dia, wilayah barat barat Indonesia baru bisa menyaksikannya pada pukul 18.00. "Menunggu bulan terbit," ujarnya, saat dihubungi, Jumat, 3 April 2015.

Menurut dia, masyarakat wilayah barat Indonesia akan dapat menyaksikan gerhana bulan total ini sampai pukul 20.44 WIB. Sedangkan di wilayah tengah dan timur, kata Evan, gerhana bulan total akan dapat dilihat sejak pukul 17.00 WITA dan 16.0 WIT. Hanya, memang tergantung kondisi cuaca dan awan. "Jika tertutup awan ya bulan tak terlihat."

Gerhana bulan terjadi saat bulan melewati bayanan bumi. Biasanya, karena orbit yang miring, bulan hanya lewat di atas atau di bawah bayangan bumi. 

Kejadian bulan melewati bayangan bumi, atau yang biasa dikenal dengan gerhana bulan, jarang terjadi. Gerhana hanya dapat terjadi saat bulan berdekatan dengan titik-titik dalam orbitnya saat melintasi ekliptika, jalur cahaya matahari. "Gerhana pada tahun ini akan terjadi pada April dan September," tulis laman berita Space. 

Saat gerhana bulan total terjadi, pembiasan cahaya matahari menjadi bulan menjadi semerah darah. Karena itu, gerhana bulan total biasa dikenal dengan 'blood moon', atau Gerhana 'Merah Darah'.

Selama ini banyak orang yang salah kaprah bahwa gerhana bulan disebabkan oleh bayangan bumi yang jatuh di bulan. Padahal, sebaliknya, fase gerhana bulan dipengaruhi oleh variasi arah datangnya matahari ke bulan yang jatuh ke bumi. 

Sebelumnya, telah terjadi gerhana matahari total pada 20 Maret dan akan terjadi gerhana matahari parsial pada 13 September 2015 mendatang. Gerhana bulan total lain akan terjadi pada 28 September 2015. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gerhana Bulan Total

Sumber : Tempo.co

Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top