Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BIN Selidiki Kebenaran Informasi Anak-anak Indonesia Dilatih ISIS

Badan Intelijen Negara (BIN) menggandeng seluruh penegak hukum dari dalam dan luar dalam dan luar negeri, untuk mengetahui kebenaran adanya anak-anak asal Indonesia yang dilatih oleh Islamic State of Iraq-Syria (ISIS).
Kepala BIN Marciano Norman /satupemerintah.net
Kepala BIN Marciano Norman /satupemerintah.net

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Intelijen Negara (BIN) menggandeng seluruh penegak hukum dari dalam dan luar luar negeri, untuk mengetahui kebenaran adanya anak-anak asal Indonesia yang dilatih oleh Islamic State of Iraq-Syria (ISIS).

Marciano Norman, Kepala BIN, mengatakan pihaknya masih harus memastikan apakah anak-anak yang ikut dalam latihan militer bersama ISIS berasal dari Indonesia. BIN harus lebih hati-hati menanggapi pelatihan tersebut, karena melibatkan anak-anak di bawah umur.

“Karena mereka masih anak-anak, kami harus lebih hati-hati sebelum mengeluarkan pernyataan, sehingga kami tidak salah langkah,” katanya di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (18/3/2015).

Marciano menuturkan saat ini BIN telah menggandeng Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Polri, Kementerian Luar Negeri, dan otoritas keamanan di luar negeri untuk mendapatkan informasi tersebut.

Seperti diketahui, sempat beredar video yang berisi pelatihan perang dengan peserta anak-anak yang diduga berasal dari Indonesia. Video tersebut sempat dihapus oleh pihak YouTube, tetapi kembali diunggah dengan judul ‘Cahaya Tarbiyah di Bumi Khilafah’.

“Video itu sudah tidak beredar, dan situs yang menyebarkannya pun sudah diblok,” ujar Marciano.

Video itu sendiri diproduksi oleh Al Azzam Media yang merupakan Divisi Media Khilafah Islamiyah berbahasa Melayu. Selain menampilkan pelatihan militer kepada anak-anak, video itu juga menayangkan beberapa pernyataan dari anak-anak yang mengikuti pelatihan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper