Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HNSI BATANG: Demo Anarkis, Bukan Demo Khas HNSI

Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Batang Jawa Tengah menegaskan ribuan nelayan yang berdemo dengan melakukan tindakan anarkistis di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Selasa (3/3/2015), bukan merupakan anggota HNSI.

Kabar24.com,SEMARANG - Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Batang Jawa Tengah menegaskan ribuan nelayan yang berdemo dengan melakukan tindakan anarkistis di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Selasa (3/3/2015), bukan merupakan anggota HNSI.

Ketua HNSI Batang Suwartono mengatakan demo itu memang dilakukan oleh kalangan nelayan. Namun pihaknya meyakini nelayan yang tergabung dalam HNSI tidak seanarkis aksi nelayan yang melakukan pemblokiran jalur pantai utara (pantura), membakar ban dan merusak tanaman pada median jalan.

“Saya tegaskan, itu bukan anggota kami. Kalau HNSI berdemo terkoordinasi dengan baik. Mungkin aksi kemarin itu ada kelompok tersendiri,” kata Suwartono kepada Bisnis.com, Rabu (4/3/2015).

Dia menyebutkan para nelayan yang tergabung dalam HNSI melakukan demo ke Jakarta dengan rombongan dari masing perwakilan HNSI di Jateng pada pekan lalu. Mereka menyampaikan aspirasi kepada anggota Komisi IV DPR RI untuk diteruskan kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Dalam aspirasi itu, para nelayan meminta kompensasi atas Peraturan Menteri (Permen) Kelautan dan Perikanan KP No. 2/Permen-KP/2015 tentang larangan penggunaan penangkapan ikan pukat hela (trawls) dan pukat tarik (Seine Nets).

“Sebenarnya efektif aturan itu berlaku 1 September 2015. Kami menuntut insentif apa yang bisa diberikan kepada nelayan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khamdi
Editor : Yusran Yunus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper