Tiga Formasi Tenaga Kesehatan di Batang Kosong, Ini Penyebabnya

Sebanyak tiga formasi untuk tenaga kesehatan di Kabupaten Batang Jawa Tengah terpaksa kosong karena tidak ada pemilih saat seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diselenggarakan 2014 lalu.
Muhammad Khamdi | 02 Maret 2015 21:12 WIB
Ilustrasi tes CPNS - Antara

Bisnis.com,BATANG-Sebanyak tiga formasi untuk tenaga kesehatan di Kabupaten Batang Jawa Tengah terpaksa kosong karena tidak ada pemilih saat seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diselenggarakan 2014 lalu. 

Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo mengatakan formasi itu diketahui tidak ada pelamar yaitu tenaga dokter spesialis anak, kandungan dan bedah. Selanjutnya, sebanyak 47 CPNS hasil rekruitmen pelamar umum 2014 menerima Surat Keputusan Bupati Batang. Penyerahan berlangsung di Aula Setda Batang (2/3/2015) oleh Bupati dan dihadiri Kepala SKPD penerima formasi CPNS.

Yoyok mengatakan satu langkah lagi CPNS akan ikut  mengisi sejarah di Kabupaten Batang sebagi PNS, bahkan akan berdomisili dan sampai mati di Batang.

“Untuk itu isilah sejarah dengan baik. Buatlah cacatan yang dapat dijadikan panutan atau tauladan bagi generasi penerusnya,” kata Yoyok dalam laman resminya batangkab.go.id, Senin (2/3/2015).

Dalam proses penyelenggaraan pengadaan CPNS, Pemkab. Batang melaksanakannya secara fair dan seadil-adilnya. Diakui Bupati, tidak sedikit orang yang meminta kepada dirinya untuk menitipkan sanak saudara agar lolos menjadi PNS. “Tapi saya sudah tegaskan dalam penyelenggaraan CPNS tanpa campur tangan siapapun. (Pengadaan CPNS) dilaksanakan secara transparan bersih dari KKN,” tandasnya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Batang, Suresmi menjelaskan, dalam penyelenggaraan CPNS pihaknya mengedepankan obyektifitas, transparan, kompetitif, akuntabel, bebas korupsi, kolusi dan nepotisme,  efektif, efisien dan tidak dipungut biaya.

Berdasarakan Keputusan MENPAN dan RB Tahun 2014, Kabupaten Batang mendapatkan formasi CPNS sebanyak 50 formasi, dengan rincian untuk tenaga guru 18 formasi, tenaga kesehatan 11 formasi, untuk tenaga teknis 21 formasi. Dari hasil seleksi melalui tes dengan sistem CAT dari pelamar umum sejumlah 1.689.

Yang berhasil diterima sebagai CPNS sebanyak 47 orang untuk formasi tenaga guru 18, dan untuk formasi tenaga kesehatan hanya  8 formasi, karena tiga formasi tidak ada pelamar yaitu tenaga dokter spesialis anak, kandungan dan bedah.

Tag : cpns
Editor : Bambang Supriyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top