Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

JK: Ini Alasan Jokowi Tunjuk Tiga Plt Pimpinan KPK

Ketiga pelaksana tugas sementara pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi dipilih Presiden karena merupakan sosok yang cakap hukum, baik, dan memiliki ketegasan.
Lavinda
Lavinda - Bisnis.com 18 Februari 2015  |  19:20 WIB
JK: Ini Alasan Jokowi Tunjuk Tiga Plt Pimpinan KPK
Presiden Jokowi berbincang dengan Wapres Jusuf Kalla di Istana Negara sesaat sebelum mengumumkan pergantian Calon Kapolri & Penunjukkan Plt Pimpinan KPK - Istimewa
Bagikan

Kabar24.com, JAKARTA—Ketiga pelaksana tugas sementara pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi dipilih Presiden karena merupakan sosok yang cakap hukum, baik, dan memiliki ketegasan.
 
Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan pertimbangan tersebut kepada awak media di kantornya, Rabu(18/2/2015), usai menemani Presiden Joko Widodo mengumumkan penon-aktifan dua pimpinan KPK.
 
“Ya alasannya karena mereka orang pintar hukum, baik, dan tentu butuh ketegasan,”sebutnya.
 
Presiden menunjuk Taufiequrahman Ruki, Indriyanto Seno Adji, dan Johan Budi Sapto Prabowo sebagai pelaksana tugas pimpinan KPK.
 
Mereka menggantikan Ketua KPK Abraham Samad dan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto yang diberhentikan sementara karena ditetapkan sebagai tersangka beberapa kasus oleh Kepolisian.
 
Sementara itu, satu kursi pimpinan mengalami kekosongan sejak Busyro Muqoddas menyelesaikan masa jabatannya setahun lalu.
 
Menanggapi status tersangka yang tersemat pada pimpinan KPK saat ini, Jusuf Kalla menyarankan Abraham Samad mengikuti dan menghormati proses hukum yang sedang berjalan.
 
Dia juga menilai proses hukum yang sudah berlangsung tidak bisa dihentikan karena itu merupakan wewenang penuh Kepolisian.

Lagipula, Abraham Samad tidak hanya terjerat persoalan hukum tetapi juga masalah etika.

“Biar kita ikuti saja proses, menghormati proses hukum. Kalau KPK ingin dihormati tentu saja harus menghormati proses hukum yang ada,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pimpinan KPK Presiden Jokowi Disadap KPK vs Polri
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top