Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lereng Gunung Bromo Longsor, 11 Rumah Tertimbun

Sedikitnya 11 rumah warga di lereng Gunung Bromo di Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur tertimbun longsor akibat curah hujan tinggi disertai angin selama kurang lebih 2-3 jam.
ilustrasi/
ilustrasi/

Bisnis.com, PASURUAN - Sedikitnya 11 rumah warga di lereng Gunung Bromo di Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur tertimbun longsor akibat curah hujan tinggi disertai angin selama kurang lebih 2-3 jam.

"Ada sebelas rumah yang tertimpa longsor di empat desa yakni dua rumah di Desa Wonokitri, lima rumah di Desa Tosari, satu rumah di Desa Sedaeng, dan tiga rumah di Desa Podokoyo," kata Camat Tosari, Teguh Winarto ketika ditemui di lokasi, Minggu (1/2/2015).

Dia mengatakan tidak ada korban jiwa dalam bencana longsor tersebut, namun hanya kerusakan materiil pada rumah warga serta lahan kentang seluas kurang lebih 1,5 hektare dengan usia dua bulan atau dalam kondisi 50 persen siap panen.

"Kerugian total lahan tanaman kentang senilai sekitar Rp40 juta, sedangkan total kerugian rumah sekitar Rp25 juta. Pihak Kapolsek, Koramil, BPBD sudah mendata rumah yang terkena longsor tersebut," ungkapnya.

Secara terpisah Kepala Dusun Ledoksari, Desa Tosari, Hendrik Purwanto menjelaskan kejadian ini bermula curah hujan yang tinggi disertai angin selama tiga hingga empat jam, sehingga menyebabkan tebing longsor karena tidak mampu menahan derasnya aliran air disertai tanah.

"Tebing longsor kemudian menuju ke dataran yang lebih rendah, sehingga rumah-rumah warga inilah yang kemudian terkena longsoran tebing tersebut," ujarnya.

Sementara itu, salah satu warga yang juga menjadi korban longsor, Reso mengungkapkan, kamar tidur rumahnya amblas terkena longsoran tebing yang mengakibatkan keluarganya harus beristirahat di ruang tamu.

"Saya beserta istri, Tinasih terpaksa harus beristirahat di ruang tamu karena kamar tidur terkena longsor," kata lelaki usia 70 tahun tersebut dengan bahasa Jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor :
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper