Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

APEL IMPOR BERBAKTERI: Masyarakat Diminta Tetap Tenang

BPOM meminta masyarakat tetap tenang terkait peredaran apel jenis gala dan granny smith yang mengandung bakteri Listeria monocytogenes.
Redaksi
Redaksi - Bisnis.com 30 Januari 2015  |  20:09 WIB
Pemeriksaan apel impor - Antara
Pemeriksaan apel impor - Antara

Kabar24.com, JAKARTA- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) meminta masyarakat tetap tenang terkait peredaran apel jenis gala dan granny smith yang mengandung bakteri "Listeria monocytogenes".

"Kami sampaikan kepada masyarakat agar tenang terkait produk tersebut dan telah disampaikan oleh Kementerian Pertanian jika buah apel berbakteri dari rumah kemas buah Bidart Bros tidak masuk ke Indonesia," kata Kepala BPOM Roy Sparringa di kantornya, Jalan Percetakan Negara, Jakarta, Jumat (30/1/2015).

Dia mengatakan tidak semua apel dari Amerika Serikat mengandung bakteri dimaksud.

"Apel yang diwaspadai adalah produk dari Bidart Bros, itu saja masalahnya. Masih ada gala dan granny smith dari rumah kemas lainnya yang aman," kata dia.

Roy mengatakan jika kasus keracunan apel berbakteri itu baru terjadi pada apel jenis karamel.

"Yang menyebabkan keracunan itu adalah karamel apel. Karena apel itu tercemar dan dilapisi karamel maka itu menjadi masalah."

"Karamel sendiri media yang bagus untuk pertumbuhan Listeria monocytogenes. Apel berkaramel itu disimpan di alat pendingin dan bakteri itu masih berkembang dan apel tersebut dikonsumsi tanpa ada proses lebih lanjut," kata dia.

Kendati meminta masyarakat tenang, Roy tetap menghimbau masyarakat waspada terhadap kemungkinan apel Bidart Bros beredar di Indonesia.

"Apabila ada yang menemukannya, silakan lapor kepada kami. Tapi jika tidak dan ragu-ragu terhadap apel mana saja maka sebelum dikonsumsi cucilah apel itu dengan air mengalir, digosok hingga bersih, dikupas baru dimakan. Karena perlu diketahui jika bakteri Listeria monocytogenes itu ada di mana-mana tidak hanya ada di buah," katanya.

Sebagaimana diberitakan, The Center for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat merilis data tujuh nyawa melayang akibat keracunan apel berbakteri.

Sementara itu, Kedubes AS di Indonesia mengatakan rumah kemas buah Bidart Bros secara sukarela menarik apel jenis gala dan granny smith-nya pada 6 Januari 2015 setelah menerima hasil uji lingkungan yang menunjukkan bahwa fasilitas pengemasan apel di perusahaan tersebut terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes. (Antara)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Buah Apel Apel Impor

Sumber : Antara

Editor : Andhina Wulandari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top