Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Empat Bulan Koma di RS Saudi, Seorang TKI Akhirnya Dipulangkan

Seorang tenaga kerja Indonesia, Abdurrahman Bin Najmudin, akhirnya dipulangkan ke Indonesia (TKI) setelah empat bulan koma di rumah sakit Arab Saudi.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Kabar24.com, KAIRO- Seorang tenaga kerja Indonesia, Abdurrahman Bin Najmudin, akhirnya dipulangkan ke Indonesia (TKI) setelah pulih dari stroke dan koma selama empat bulan di rumah sakit Arab Saudi.

Abdurrahman terbang ke Tanah Air pada Senin (26/1/2015 bersama dengan 14 Januari 2015 dengan menggunakan pesawat Saudi Airlines bersama 14 TKI lainnya, kata KBRI Riyadh, Selasa (27/1/2015).

Disebutkan, walau kedua kakinya lumpuh akibat stroke, dia tidak patah semangat kembali ke Tanah Air.

Abdurrahman, pergi mencari nafkah bagi anak istrinya ke Arab Saudi pada 17 Maret 2009 melalui PJTKI Sabrina Pramitha untuk bekerja sebagai pengemudi di perusahaan Muhammad Rashid Al Uwaidah Ltd. dengan gaji sebesar 1.000 Riyal per bulan.

Petaka datang ketika 28 Maret 2011, saat beristirahat usai menunaikan ibadah umroh, Abdurrahman terkena stroke dan langsung dilarikan ke RS King Abdulaziz, Makkah.

"Dia sempat mengalami koma sekitar empat bulan dan dirawat selama satu tahun dan 1 bulan," katanya.

Ketika diizinkan untuk pulang dari rumah sakit, ia dihadapkan pada masalah tagihan biaya perawatan karena perusahaan tempatnya bekerja lepas tangan.

Ia pun sempat tertunda kepulangannya ke Indonesia akibat tunggakan rumah sakit sebesar 113.264 riyal atau sekitar Rp339.792.000.

Selain itu, Abdurrahman juga dikenai sanksi denda keimigrasian (goromah) akibat perusahaan tempatnya bekerja tidak memperpanjang masa berlaku kartu tanda penduduknya.

Namun, pada 14 Januari 2015, KBRI berhasil mendapatkan izin meninggalkan negra itu (exit only) bagi Abdurrahman tanpa harus membayar apapun.

Setelah dipindahkan ke perusahaan tempatnya bekerja, Tim Perlindungan WNI KBRI Riyadh berinisiatif menjemput Abdurrahman untuk ditampung di Penampungan KBRI Riyadh.

Selama di penampungan KBRI, Abdurrahman diberi fasilitas akomodasi, konsumsi dan obat-obatan yang layak serta alat komunikasi untuk menghubungi keluarganya di Indonesia.

Saat berkomunikasi dengan keluarganya, Abdurrahman baru tahu bahwa ia sempat diumumkan telah meninggal dunia.

Diungkapkan, ketika dalam perjalanan menuju Bandara King Khaled Riyadh, Abdurrahman banyak bercerita mengenai kisah pilu kehidupannya.

Abdurrahman mengungkapkan bahwa dirinya pernah menikah dua kali dan dikaruniai dua orang anak dari masing-masing istrinya.

Di Bandara King Khaled, Riyadh, Abdurrahman dilepas oleh pejabat KBRI Riyadh, Sekretaris Ketiga Chairil Anhar Siregar, dan pemulangannya ke Indonesia didampingi Pegawai Setempat, Lalu Muhammad Saifudin.

Sementara itu jumlah TKI bermasalah yang ditampung di KBRI Riyadh (Ruhama) sebanyak 95 orang. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper